KM Kharomah 2 Terbakar, Begini Penjelasan Danlanal Karimun

KM Kharomah 2 yang terbakar di perairan Karimun. (Foto; Edo/Batamnews)

Karimun - KM Kharomah 2 terbakar di perairan Karimun saat menuju Pulau Buru, Sabtu (26/10/2019). Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Komandan Pangkalan TNI AL Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro menyampaikan kapal tersebut mengangkut 26 orang. Sebanyak 23 orang merupakan penumpang kapal, dua orang ABK, dan satu nakhoda kapal.

Kapal bertolak dari Pelabuhan Sri Tanjung Gelam atau KPK Karimun dan hendak menuju Pulau Buru. Kebakaran kapal tersebut, awalnya dipicu dari api yang berasal dari kamar mesin di bagian bawah.

"Apinya dari kamar mesin, kemudian membesar. Penyebabnya itu masih belum diketahui karena apa, masih diselidiki" kata Catur.

Sebelum terjadinya kebakaran, kapal sempat berhenti dan bersandar di pelabuhan Pulau Parit. Setelah lepas tali, tidak lama berselang terjadi kebakaran.

KM Kharomah dalam berlayar melewati beberapa pelabuhan, mulai dari Karimun, Pulau Parit, Pangkalan Balai Pulau Buru, dan Pelabuhan Pulau Buru.

"Saat melawati perairan pangkalan ujung utara Pulau Buru kapal awalnya terbakar," ujar Catur.

Beruntung tidak ada korban jiwa atau pun luka-luka dalam kebakaran tersebut. Semua penumpang dan ABK selamat.
Kapal sempat hanyut terbawa arus karena mesin kapal tidak menyala lagi dan hanyut ke perairan Pulau Pandan.

"Semuanya berhasil selamat, dan dapat dievakuasi. Petugas gabungan juga melakukan evakuasi terhadap kapal untuk memadamkan api menggunakan Water Canon KM Mercy," ucap Catur.

Selanjutnya, bangkai kapal yang hangus terbakar akan dievakuasi dengan cara ditarik ke Pulau Buru.

(aha)