Banyak Merk Toko Mengaku Dicatut Event Batam Great Sale 2019

Banyak Merk Toko Mengaku Dicatut Event Batam Great Sale 2019

Sixty One mengaku tak tahu nama brand mereka dicantumkan di Batam Great Sale 2019. (Foto: Dyah/Batamnews)

Batam - Batam Great Sale 2019 sudah seminggu berlangsung di Batam. Diskon serentak kota Batam ini, disebut diikuti oleh 9 mall di Kota Batam.

Toko-toko ternama yang sebelumnya disebutkan Dinas Pariwisata bergabung dalam event ini ternyata mengaku tidak ikutserta dalam pengadaan diskon serentak tersebut.

Dari pantauan Batamnews, beberapa staf toko tampak kebingungan terkait event Batam Great Sale 2019 tersebut.

Seperti Sixty One, Wacoal, Skechers, Manzone hingga Levi's mereka serentak mengatakan tidak ikut event tersebut walaupun nama mereka dicantumkan sebagai salah satu toko yang bergabung dari event ini.

Alasan ketidak ikutan mereka sama, yaitu tidak adanya pemberitahuan atau penawaran dari pihak event kepada mereka sejak awal.

Wakil Kepala Toko Sixty One, Hafis Daneli mengatakan sejak awal mereka tidak pernah menerima informasi secara resmi, hanya ajakan secara informal saja. Sehingga hal tersebut tidak bisa mereka ajukan kepada manajemen nasional.

"Kalaupun saat ini ada diskon ini hanya diskon toko saja. Bukan masuk dalam event tersebut. Setidak jika ingin mengajak, mereka bisa mengirimkan surat resmi ke kami.  Kalau informasi jelas kami bisa melakukan penawaran ke pusat," kata Hafis.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Lidya, SPG toko pakaian dalam Wacoal. Walaupun tokonya berada di samping panggung peluncuran event Batam Great Sale, namun dirinya mengaku tidak mendapat penawaran yang jelas dari event ini.

"Sejauh ini kami tidak ada ikut-ikut event tersebut. Ini diskon 45% juga diskon toko saja bukan terkait event," ucap Lidya.

Toko berbagai macam pakaian berbahan dasar jins, Levi's bahkan mengaku untuk seluruh gerainya yang ada di Kota Batam tidak mengikuti event tersebut.

Levi's sendiri, menurut staf Levi's Batam, Kuserna Ekawati mengatakan, gerai ini jarang mengadakan diskon maupun promo. Bahkan saat hari-hari besar seperti tahun baru, natal dan hari raya Idul fitri.

"Untuk diskon dan promo sendiri setiap tahun pasti ada tapi waktu dan tanggalnya tidak pasti, seperti tahun ini diadakan di Maret, belum tentu tahun depan sama. Dan diskon kami biasanya serentak hanya untuk store Levi's saja, namun seluruh Indonesia," terangnya.

Toko sepatu Skechers satu-satunya di Batam juga mengungkapkan hal yang sama, jika gerainya jarang memberikan diskon. Kepala toko Skechers, Asyimi, mengatakan kalaupun ada, diskon terbesar hanya 30% saja diberikan toko kepada pelanggan.

Peniadaan diskon di gerai Skecher sendiri disebut Asyimi untuk menjaga image produk yang dijual di gerai.

"Produk kami tawarkan di toko ini, produk-produk terbaru. Jadi tidak mungkin kami berikan diskon tinggi karena akan menurunkan image produk.kalaupun ada diskon itu priduk-produk yang kurang pemibat saja, itu pun dalam waktu tertentu berada di toko," tutur Asyimi.

Dina, Staf Manzone, toko pakaian yang banyak menjual motif batik, nampak bingung saat disebutkan event tersebut. Seakan dirinya tidak pernah mendengar nama event tersebut.

Bahkan hal serupa tak hanya dialami olehnya tapi seluruh staf toko. Dia mengakui toko yang baru beberapa bulan membuka cabang di Grand Mall tersebut, memang memberikan diskon khusus untuk cabang barunya. Namun hal itu diakuinya bukan bagian dari event itu.

"Memang saat ada diskon ini, weekend kami ramai. Tapi diskon ini pun diskon toko, karena kami baru buka disini," ucapnya.

Adanya koordinasi yang kurang dari event ini sangat disayangkan oleh beberapa toko tersebut. Padahal dengan koordinasi yang baik, event-event seperti ini diyakini bisa mendobrak penjualan.

(das)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews