PGN Siap Bangun Jaringan Gas ke Kawasan UMKM Terintegrasi di Batam

PGN Siap Bangun Jaringan Gas ke Kawasan UMKM Terintegrasi di Batam

Ilustrasi.

Batam - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Kota Batam mendukung Pemerintah Kota Batam menciptakan Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) yang terintegrasi di satu tempat. PGN akan membantu menyalurkan gas kepada UKM tersebut.
 
"Kalau seluruh UMKM satu tempat kita bisa siapkan pipa jaringan gasnya," ujar Wendy Purnomo Area Head PT PGN Kota Batam, Rabu (9/10/2019) di Batam Center.
 
Wendy mengatakan, misalnya di satu tempat terdapat UMKM yang menjual dan memproduksi batik, atau jual keripik. "Ini kita dukung karena untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM," kata dia.

Tidak hanya itu menurut Wendy, ketika UMKM menggunakan gas PGN di satu kawasan, hal itu akan membuat ongkos produksi UMKM lebih murah.

Kondisi ini butuh dukungan pemerintah Kota Batam untuk mengumpulkan satu UMKM di satu tempat.  "Minimal satu kawasan itu terdapat 40 sampai 50 UMKM lah," katanya.

Wendy mengatakan, jika UMKM mengunakan gas hal itu lebih murah daripada menggunakan tabung LPG.

"Perbandingannya, kalau mereka pakai pipa gas PGN hanya Rp5 000, tetapi kalau pakai LPG bisa mencapai Rp 1000 per kubik, konsumsi sama harga beli lebih murah," kata dia.

Mengintegrasikan seluruh UMKM di satu tempat sudah menjadi wacana Pemko Batam. Seperti yang dikatakan Walikota Batam Muhammad Rudi. Salah satu UMKM yang disatukan adalah di kawasan Pasar Induk Jodoh, Taman Jodoh Boulevard.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews