Ibu Kota Pindah, Bank Dunia Sebut Jakarta Bisa Bertransformasi jadi Los Angeles

Ibu Kota Pindah, Bank Dunia Sebut Jakarta Bisa Bertransformasi jadi Los Angeles

Kepala Ekonom Bank Dunia, Frederico Gil Sander.

Jakarta - Kepala Ekonom Bank Dunia, Frederico Gil Sander menilai pemindahan Ibu Kota negara ke Kalimantan akan membuat Jakarta menjadi kota yang lebih nyaman dan layak huni. Bahkan, Jakarta disebut bisa bertransformasi menjadi kota sekelas Los Angeles (LA).

"Jakarta dapat menjadi kota yang lebih layak huni," kata dia dalam acara peluncuran Laporan Urbanisasi di Hotel Pullman, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Selepas tak lagi menyandang status sebagai Ibu Kota, Jakarta akan sepenuhnya menjadi pusat bisnis. Sebab, segala aktivitas pemerintahan akan dipindah ke Ibu Kota baru, yakni di Kalimantan Timur tepatnya Penajam Paser Utara dan Kukar.

Dia mengungkapkan, polusi udara di Jakarta dapat menurun jika status Ibu Kota sudah pindah ke Kalimantan. Seperti yang pernah terjadi di beberapa kota besar lainnya di dunia.

Selain itu, lapangan kerja yang tersedia juga akan menjadi lebih banyak. Dengan ditunjang oleh akses transportasi publik yang semakin banyak.

Dengan demikian dia berharap Jakarta dapat menjadi lebih nyaman untuk ditinggali.

"Los Angeles memiliki udara yang sangat terpolusi di masa lalu tetapi dengan menambah konektivitas yang lebih baik ke pekerjaan, lebih banyak transport publik akan memiliki lebih baik untuk masyarakat," ujarnya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews