Menteri Darmin Minta Rudi dan Pejabat BP Batam Benahi Perizinan

Menteri Darmin Minta Rudi dan Pejabat BP Batam Benahi Perizinan

Menko Perekonomian, Darmin Nasution.

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perkonomian, Darmin Nasution berpesan agar perizinan usaha di Batam bisa lebih sederhana. Sebagaimana diketahui, Wali Kota Batam Muhammad Rudi dilantik sebagai Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam).

"Pesan saya kepada Pak Rudi dan semua wakilnya. Bahwa untuk memajukan Batam, harus benahi baik perizinannya supaya lebih sederhana," ujar Darmin, saat pelantikan Rudi, Jumat (27/9/2019) lalu di Jakarta.

Darmin meminta agar, semua perizinan dijadikan dalam satu sistem. Sehingga, misalnya dalam melakukan pembangunan infrastruktur, akan lebih bersinkronisasi.

"Karena ini orangnya satu. Tidak ada inkonsistensi di situ dan bisa mudah diputuskan," kata Darmin.

Pada kesempatan itu, Darmin juga melantik Purwiyanto sebagai Wakil Kepala, Wahjoe  Triwidijo Koentjoro, sebagai Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan, Sudirman Saad, sebagai Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi, dan Shahril Japarin, sebagai Anggota Bidang Pengusahaan.

Para pejabat yang baru dilantik tersebut, lanjut Darmin, diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal melalui peningkatan investasi.

Caranya adalah dengan mengurangi hambatan-hambatan investasi terutama yang terkait dengan aturan dan perizinan berinvestasi di Batam.

"Tentunya, dengan peningkatan tersebut diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Batam," ujar Darmin.

(*)