Barcelona Tak Seperti Calon Juara Liga Spanyol

Barcelona menelan kekalahan di markas Granada. (AP Photo/Miguel Morenatti).

Barcelona bermain tidak seperti tim kandidat juara saat takluk 0-2 dari tim promosi Granada pada pekan kelima Liga Spanyol di Estadio Nuevo Los Carmenes, Sabtu (22/9/2019).

Blaugrana benar-benar tampil lesu di markas Granada. Padahal, mereka sudah kembali diperkuat sang bintang Lionel Messi yang dimainkan selama 45 menit sejak awal babak kedua.

Dari catatan statistik, Barcelona hanya dominan dalam penguasaan bola dengan 74 persen berbanding 26 persen milik Granada. Namun penguasaan bola itu tidak berujung pada ancaman ke gawang lawan.

Soal yang satu ini, Barcelona kalah dari Granada yang bermain efektif walau minim menguasai bola. Messi dan kawan-kawan melakukan delapan usaha untuk mencetak gol dan hanya satu yang mengarah ke gawang Granada sepanjang 90 menit.

Sedangkan Granada membuat sembilan usaha mencetak gol dan empat tembakan ke gawang. Dua di antaranya berujung gol yang dicetak Ramon Azeez dan penalti Alvaro Vadillo.

Statistik itu terbilang memprihatinkan apabila mengacu kelas Barcelona sebagai tim raksasa di Spanyol dan diperkuat pemain depan berkualitas. Di laga tersebut Barcelona diperkuat pemain sekelas Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann.

Namun, ketiga pemain ini tidak bisa berbuat banyak untuk membobol gawang kiper Granada, Rui Silva.

Kekalahan di markas Granada membuat Barcelona memperpanjang catatan buruk di laga tandang. Sejak awal musim ini, skuat asuhan Ernesto Valverde sudah gagal menang dalam empat laga tandang terakhir di semua ajang.

Barcelona mengawali musim dengan kekalahan 0-1 di kandang Athletic Bilbao. Setelah itu, Barcelona diimbangi Osasuna 2-2, Borussia Dortmund 0-0, dan kini Granada.

Saat ini Barcelona tertahan di peringkat ketujuh klasemen sementara Liga Spanyol dengan mengoleksi tujuh poin dari lima laga. Posisi puncak klasemen ditempati Granada yang meraup 10 poin atau sama dengan Sevilla dan Atletico Madrid.

(*)


Berita Terkait