Sejumlah Elemen Melayu Tolak Jumaga Nadeak Jadi Ketua DPRD Provinsi Kepri

Sejumlah Elemen Melayu Tolak Jumaga Nadeak Jadi Ketua DPRD Provinsi Kepri

Sejumlah elemen Kepri menemui Ketua sementara DPRD Kepri. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Sejumlah elemen masyarakat Kepri meminta agar Jumaga Nadeak tidak lagi ditunjuk sebagai Ketua DPRD Provinsi Kepri untuk yang kedua kalinya.

Elemen masyarakat Kepri ini mengharapkan agar yang dijadikan Ketua DPRD Kepri sosok yang memiliki keyakinan sesuai keyakinan mayoritas masyarakat melayu di Kepri. PDI-P sebagai partai dengan suara terbanyak pada Pileg Kepri 2019 ini merekomendasikan Jumaga untuk menjabat ketua.

"Kami menentang dengan akan dijadikannya kembali Jumaga Nadeak sebagai Ketua DPRD Kepri untuk kedua kali nya," kata Sekjen Gerak Keris Provinsi Kepri, Nuri Chei Sidiq usai bertemu dengan Ketua DPRD Kepri sementara, Lis Darmansyah di Dompak, Tanjungpinang, Senin (16/9/2019).

Menurutnya penolakan ini bukan hanya dilakukan dari Gerak Keris semata, tetapi dilakukan juga oleh tokoh Melayu Kepri lainnya. Nuri menegaskan, pihaknya tidak mempermasalahan siapapun yang akan di tunjuk dari Partai PDI Perjuangan itu sebagai Ketua DPRD Kepri, selain Jumaga.

"Silahkan tunjuk siapapun asal jangan Jumaga lagi. Kan di PDI P itu ada Lis Darmansyah atau Widiastadi Nugroho yang bisa dijadikan Ketua DPRD Kepri," ujarnya.

Ia menegaskan, jika PDIP tetap menunjuk Jumaga sebagai Ketua DPRD Kepri periode 2019-2024 maka pihaknya akan menurunkan massa yang lebih banyak lagi, bukan hanya dari Tanjungpinang tapi akan mendatangkan massa dari Bintan, Karimun dan daerah lainnya di Kepri ini.

"Kami tidak main-main, bila tetap memaksakan kehendak kami akan turun menggelar penolakan," tegasnya.

Nuri menjelaskan sebelumnya Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri telah menyurati DPRD Kepri terkait hal ini.

"Permintaan ini sudah disampaikan Ketua LAM Kepri secara tertulis, namun diabaikan sehingga kami mengadakan pertemuan dengan Ketua sementara DPRD Kepri, Lis Darmansyah," katanya.

Belum ada respons dan pernyataan resmi dari Jumaga Nadeak.

Sebelumnya, politikus senior PDI Perjuangan, Jumaga Nadeak dipastikan akan menjabat kembali sebagai Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau periode 2019-2024.

Kepastian tersebut setelah DPP PDI-Perjuangan mengeluarkan surat rekomendasi penunjukan Ketua DPRD Kepri.

"Rekom penunjukan sebagai Ketua DPRD Kepri dari DPP PDI Perjuangan sudah saya terima," kata Jumaga di Tanjungpinang, Senin (16/9/2019) lalu.

Selanjutnya surat rekomendasi tersebut akan diserahkan kepada Ketua DPRD Kepri sementara. Tinggal menunggu proses di lembaga legislatif tersebut sekaligus menunggu jadwal pelantikan.

"Mudah-mudahan akan berjalan lancar dan semua dapat menerimanya," kata Jumaga.

(sut)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews