Apple Resmi Luncurkan Tiga Seri iPhone 11

Apple Resmi Luncurkan Tiga Seri iPhone 11

Apple Senior Vice President of Worldwide Marketing Phil Schiller memperkenalkan iPhone 11 dan iPhone 11 Pro saat peluncuran resmi di Calilfornia. (Foto: AFP)

California - Raksasa teknologi Apple akhirnya melepas jajaran ponsel anyarnya yang terdiri dari iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max pada Selasa (10/9/2019) waktu setempat atau Rabu (11/9/2019) dini hari WIB.

Di atas panggung, CEO Apple Tim Cook membeberkan fitur unggulan iPhone 11 yang salah satunya berasal dari sepasang kamera belakang berjenis wide lens dan ultra wide lens. yang masing-masing beresolusi 12 MP.

Apple mengklaim, kombinasi keduanya menawarkan pengalaman lebih baik saat memotret lanskap maupun menjepret obyek foto yang luas (wide shot). Selain itu, raksasa teknologi asal Cupertino, AS, ini juga menyebut bahwa kamera iPhone 11 punya efek bokeh, HDR, hingga kemampuan memotret di kondisi minim cahanya yang lebih baik ketimbang pendahulunya.

Sedangkan untuk kamera depan, Apple sudah menyematkan lensa 12 MP TrueDepth yang ketika pengguna melakukan selfie secara horizontal, maka lensa kamera depannya akan membesar secara otomatis.

Baik kamera depan maupun belakang, keduanya sama-sama bisa digunakan untuk merekam video beresolusi 4K. Khusus kamera depan, Apple untuk pertama kalinya menyematkan fitur yang bisa membuat penggunanya merekam video gerak lambat alias slow motion.

Beranjak ke bagian dapur pacu, spesifikasi iPhone 11 diotaki A13 bionic. Chipset khas Apple ini diklaim sebagai chipset ponsel paling bertenaga di pasaran saat ini.

Pada presentasinya, Tim Cook membandingkan keunggulan A13 bionic ketimbang A12 bionic yang tersemat pada iPhone XR, Snapdragon 855 pada Samsung Galaxy S10+, Kirin 980 pada P30 Pro, dan Snapdragon 845 pada Pixel 3.

Adapun fitur lainnya yang diusung ponsel berlayar 6,1 inci meliputi Face ID yang diklaim telah ditingkatkan dan lebih responsif membaca wajah pengguna, serta dilengkapi sertifikat IP68 yang membuat perangkat tahan air pada kedalaman hingga empat meter selama tiga puluh menit.

Tersedia dalam ungu, putih, hijau, kuning, hitam dan merah, harga iPhone 11 dibanderol 699 dolar AS atau senilai Rp 9,82 juta, nominal yang lebih murah ketimbang iPhone XR.

Selain iPhone 11, Apple juga memperkenalkan dua kasta di atasnya, yaitu iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Perbedaan paling mencolok dengan versi standarnya adalah lensa kamera belakangnya yang punya berjumlah tiga.

Selain dua lensa wide angle dan ultra wide angle, satu lensa lainnya merupakan lensa telephoto yang memungkinkan kedua ponsel ini memotret obyek dengan jarak jauh. Sementara untuk dapur pacunya, Apple juga menyematkan chipset A13 bionic.

Bila iPhone 11 memiliki daya tahan satu jam lebih lama ketimbang iPhone XR, iPhone 11 Pro diklaim empat jam lebih lama ketimbang XS. Bahkan, iPhone 11 Pro Max diklaim punya daya tahan baterai lima jam lebih lama daripada XS Max.

Perbedaan duo iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max adalah tampilan Super Retina XDR. Ini merupakan OLED yang telah dirancang sedemikian rupa yang menawarkan tampilan HDR agar pengguna bisa menonton film atau video HD lainnya hingga kecerahan 1.200 nits.Fitur lainnya, kedua ponsel juga sudah punya Face ID dan sertifikasi IP68.

Soal banderol, harga iPhone 11 Pro dipatok mulai dari 999 dolar AS atau sekitar Rp 14,03 juta. Sedangkan harga iPhone 11 Pro Max dijual mulai 1.199 dolar AS atau kisaran Rp 16,84 juta.

(*)
 


Berita Terkait