Audisi Umum PB Djarum Dihentikan, Menpora Imam Nahrawi Kaget

Audisi Umum PB Djarum Dihentikan, Menpora Imam Nahrawi Kaget

Imam Nahrawi. (Suara.com)

Jakarta  - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku kaget dengan keputusan PB Djarum Kudus menghentikan program audisi pencarian bakat bulutangkis pada 2020 mendatang.

Lelaki kelahiran Bangkalan, Madura, Jawa Timur itu menyayangkan, audisi umum yang sudah berlangsung sejak 2006 silam itu benar-benar dihentikan secara mendadak.

"Kenapa berhenti? Lanjutkan terus, jalan terus. Karena tidak ada yang salah kok," ujar Imam Nahrawi saat dihubungi wartawan, Minggu (8/9/2019) sore.

Penghentian audisi umum PB Djarum ini merupakan buntut dari polemik yang melibatkan klub asal Kudus itu dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Seperti diketahui, KPAI menuding PB Djarum telah melakukan eksploitasi kepada anak-anak melalui audisi perncarian bakat tersebut.

Sebab, dalam proses menggelar audisi, PB Djarum mewajibkan para peserta untuk menggunakan atribut yang menampilkan brand Djarum, yang merupakan produk rokok.

Terlepas dari isu miring tersebut, harus diakui jika PB Djarum kerap menelurkan atlet-atlet handal bulutangkis lewat audisi tersebut.

Sebut saja Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pebulutangkis 24 tahun itu kini duduk di peringkat satu dunia sektor ganda putra bersama sang parnter, Marcus Fernaldi Gideon.

Kemudian ada juga pasangan ganda putra muda, Leo Rolly Carnando / Daniel Marthin yang akhir Juli lalu sukses meraih gelar Asia Junior Championships 2019.

Imam Nahrawi sendiri menegaskan, sejauh ini kajian Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tak menemukan unsur eksploitasi anak dalam program audisi umum PB Djarum tersebut.

"Kajian Biro Hukum Kemenpora, tak ada itu istilah eksploitasi anak dalam audisi Djarum!" cetus Imam.

Sebelumnya, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppi Rasimin dalam acara konferensi pers pada Sabtu (7/9/2019) di Hotel Aston, Purwokerto mengumumkan bila audisi PB Djarum untuk sementara undur diri pada 2020.

Ke depannya, Yoppy menyebut belum mengetahui ajang yang setiap tahunnya sangat ditunggu para calon atlet bulutangkis itu bisa kembali digelar atau tidak.

"Pada audisi kali ini, juga saya sampaikan sebagai ajang untuk pamit sementara waktu, karena di tahun 2020 kita memutuskan untuk menghentikan audisi umum," ungkap Yoppy  dikutip dari laman resmi PB Djarum, Minggu (9/8/2019).

"Memang ini disayangkan banyak pihak, tetapi demi kebaikan bersama kita hentikan dulu. Biar reda dulu, dan masing-masing pihak agar bisa berpikir dengan baik," tukasnya.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews