Tiket Elektronik Mulai Diterapkan di Pelabuhan Karimun, Ini Kelebihannya

Tiket Elektronik Mulai Diterapkan di Pelabuhan Karimun, Ini Kelebihannya

Bupati Karimun, Aunur Rafiq meninjau lokasi pelayanan di pelabuhan Karimun. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Aplikasi tiket elektronik (e-Ticketing) mulai diterapkan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kepelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun.

E-ticketing menjadi standar operasional prosedur dalam membenahi pelaksanaan pengaturan, pelayanan penumpang di terminal pelabuhan.

Penerapan tiket elektronik tersebut disahkan Jumat (6/9/2019) di Kantor KSOP Tanjungbalai Karimun. Acara itu dihadiri oleh Bupati Karimun, Ketua DPRD, dan juga pengusaha jasa angkutan laut.

Kepala KSOP Tanjungbalai Karimun, Junaidi, mengatakan, tujuannya ialah memberikan kemudahan bagi calom penumpang, dan menghilangkan potensi ketidaksesuaian manifest dengan jumlah penumpang yang diangkut.

"Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari aspek keselamatan dan kenyamanan pelayaran," ujarnya.

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan calon penumpang.  Seperti, memberikan kepastian bagi calon penumpang dalam mendapatkan tempat duduk (seat). "Calon penumpang juga tidak perlu antre untuk memperoleh tiket," ujarnya.

Sementara, bagi perusahaan jasa angkutan laut akan dimudahkan dalam pengecekan jumlah penumpang, sehingga sesuai dengan manifest kapal.

Masyarakat dapat mengakses e ticketing dengan mendownload dan install aplikasi Marlin booking gadget berbasis Andoid.

Jika ingin memesan tiket, dapat membuka menu dangan icon kapal domestik di aplikasi tersebut. Kemudian calon penumpang tinggal mencari pelabuhan tujuan keberangkatan yang diinginkan.

Setelah itu, calon penumpang diwajibkan untuk mengisi data diri penumpang sesuai dengan data diri sebenarnya.

Calon penumpang dapat langsung membayar melalui bebagai macam metode pembayaran. Penumpang dapat memilih metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan.

Jika semuanya telah selesai, calon penumpang tersebut akan mendapat pemberitahuan melalui SMS atau email yang berisikan ringkasan barcode e ticketing.

Nantinya, calon penumpang hanya tinggal melakukan check in di loket untuk mencetak e pass penumpang.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews