Kepri Nomor 2 Kunjungan Wisman di Indonesia, Kemenpar Ingatkan Hal Ini

Kepri Nomor 2 Kunjungan Wisman di Indonesia, Kemenpar Ingatkan Hal Ini

Penyerahan penghargaan dalam Anugerah Pariwsata Kepri 2019 oleh Kemenpar. (Foto: Yogi/Batamnews)

Batam - Kementerian Pariwisata menyebut pariwisata Provinsi Kepri makin membaik. Kepri menjadi daerah urutan ke-dua kunjungan wisman di Indonesia setelah Bali.

Di temui usai acara malam anugerah pariwisata Kepri di Hotel Pacific, Sabtu (31/8/2019) malam, Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Guntur Sakti menjelaskan, Provinsi Kepri menjadi nomor dua, mengalami kenaikan, karena selama ini penghitungan jumlah kunjungan wisman hanya berasal dari Kota Batam.

Padahal sejatinya terdapat empat pintu masuk wisman di Kepri, diantaranya Karimun, Bintan, Batam dan Tanjungpinang.  "Kalau hanya hitungan Batam, Kepri nomor urut tiga jadinya," kata Guntur.

Baca juga: Wow, Kepri Nomor Dua Kunjungan Wisman Terbanyak di Indonesia Setelah Bali

"Sebenarnya tidak wajar jika penghitungan ini atas dasar perbandingan kota dengan provinsi. Seharusnya perbandingan data kunjungan wisman antar provinsi.  Kalau antar provinsi, Kepri jadi nomor dua," kata Guntur lagi.

Batam dikatakannya memiliki enam pintu masuk wisman. Ada 5 pelabuhan laut dan satu pelabuhan udara. "Apalagi kalau berdasarkan pintu masuk, DKI Jakarta saja nomor urut tiga," katanya.

Guntur mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Provinsi Kepri telah berupaya dengan baik memajukan pariwisata, salah satunya menggelar malam anugerah pariwisata Kepri 2019. Kegiatan ini memotivasi sekaligus mengapresiasi penggiat dan insan wisata di Kepri

"Kami berharap Kepri bisa mempertahankan prestasi tersebut. Jika tidak, bisa saja beberapa daerah yang sedang gencar memperbaiki pariwisata mereka menyalip Kepri nantinya," terang dia.

Sekda Provinsi Kepri, Tengku Said Arif Fadillah mengatakan, Kepri memiliki kawasan maritim luas harus dimanfaatkan dengan baik.  "Kita nomor dua sekarang ini adalah perjuangan semua stakeholder," kata Arif saat memberikan sambutan.

Arif mengajak semua stakeholder terus membangun potensi pariwisata di Kepri. Seperti menyelenggarakan event dan lainnya agar wisatawan mau datang ke Kepri.

(tan)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews