Pakai Sampan, Warga Tanjungpinang Peringati Kemerdekaan di Laut

Pakai Sampan, Warga Tanjungpinang Peringati Kemerdekaan di Laut

Warga Senggarang menggelar upacara peringatan kemerdekaan RI di laut Pelantar Kampung Melayu, Tanjungpinang.

Tanjungpinang - Warga Tanjungpinang memiliki cara unik memperingati HUT ke -74 Republik Indonesia pada Sabtu (17/8/2019). Mereka menggelar upacara bendera di laut.

Menggunakan sejumlah sampan, warga terlihat khidmat mengikuti upacara yang digelar di laut Pelantar Lampu Merah, Kampung Melayu Senggarang, Tanjungpinang.

Beberapa unit sampan yang terbuat dari kayu itu, digunakan sebagai wahana pengantaran petugas Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) mengibarkan sang saka Merah Putih di tengah laut.

Tak ada pengeras suara ataupun paduan suara. Seluruh peserta upacara kompak melantunkan lagu kebangsaan Indonesia Raya saat bendera dikibarkan.

Kapolsek Tanjungpinang Kota, AKP Reza Anugrah, yang juga sebagai Inspektur Upacara, mengatakan upacara di laut ini merupakan ide dari masyarakat kampung setempat.   

"Bisa dilihat tadi pelantar maupun pompong nelayan yang berada di laut dipenuhi warga, meskipun angin kuat dan ombak,"sebutnya.

Ia menyatakan bahwa visi dan misi pelaksanaan upacara HUT RI yang ke-74 adalah untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan, meningkatkan nasionalisme, melatih disiplin dan menguatkan persatuan dan kesatuan NKRI.

Menurut Reza, kegiatan upacara di laut itu perlu dilestarikan, sebab terlihat semanggat gotong royong dan antusias masyarakat untuk mengikuti upacara.

"Mari kita maknai kegiatan ini dengan semakin bertambah usia Kemerdekaan RI, kami berharap semakin maju dalam segi Sumber Daya Manusia (SDM) dan tidak ada lagi masyarakat yang tertinggal dari segi ekonomi," harapnya.  

Upacara ini diikuti oleh Danposmat Senggarang Peltu Sugianto, Forum RT/RW Kelurahan Senggarang, Bhabinkamtibmas, anggota Posmat, asyarakat, pelajar serta para nelayan dan penambang pompong.

(adi)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews