Alutsista TNI/Polri Mejeng saat Peringatan Kemerdekaan RI di Batam

Alutsista TNI/Polri Mejeng saat Peringatan Kemerdekaan RI di Batam

Kendaraan militer amfibi milik pasukan elite Marinir TNI AL hadir dalam peringatan kemerdekaan di Engku Putri Batam. (Foto: Dyah/batamnews)

Batam - Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI dan Polri hadir dalam Peringatan Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Dataran Engku Putri, Batam Centre pada Sabtu (17/8/2019).

Tampak ada enam alutsista yang mejeng di landmark Kota Batam itu yakni Yonif-10 Marinir/Satria Bhumi Yudha (SBY) Batam, Sea Rider dari Danlanal Batam dan satu unit Barakuda dan satu unit GAG dari Satuan Brimob Polda Kepri.

"Kebetulan petugas di dalam kepanitiaan peringatan proklamasi, yang bertanggung jawab mulai persiapan dan paskibraka adalah Danlanal. Sehingga kita mendapat kesempatan bisa memajang senjata angkatan kita hingga penurunan bendera," kata Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin. 

Keberadaan alutsista dalam peringatan kemerdekaan kali ini, dimaksudkan agar generasi sekarang bisa mengetahui eksistensi dan juga sistem persenjataan milik Indonesia.

Dalam momen ini, hadirnya alutsista juga menarik perhatian pengunjung. Tak sedikit yang berswafoto di kendaraan lapis baja tersebut.

"Di alat-alat tersebut sudah ada petugas yang menjaga, masyarakat silahkan jika ingin berswafoto tapi dilarang naik tank-tank tersebut," ujarnya. 

(das)