Plt Gubernur Kepri Isdianto Bertemu Kemenlu Singapura

Plt Gubernur menerima Menteri Senior Pertahanan dan Luar Negeri Singapura Dr Maliki Bin Osman didampingi dengan Sekdaprov H TS Arif Fadillah

Batam - Plt Gubernur Kepri, Isdianto ingin sumber daya manusia (SDM) Kepri penuh keunggulan. Karena, SDM yang unggul akan membuat suatu kawasan maju dengan cepat. Singapura salah satu contoh negara dengan keunggulan SDM-nya.

“Saya tertarik dengan masaah SDM ini. Menciptakan SDM Kepri yang unggul-unggul. Ini sesuai juga dengan program Presiden Jokowi, membuat SDM unggul,” kata Plt Gubernur saat menerima Menteri Senior Pertahanan dan Luar Negeri Singapura Dr Maliki Bin Osman, di Graha Kepri, Batam, Kamis (15/8).

Dalam pertemuan itu, Isdianto didampingi Sekdaprov Kepri; Arif Fadillah, Kepala Barenlitbang; Naharuddin, Asisten Ekonomi Pembangunan; Syamsul Bahrum, Kadis Pariwisata; Buralimar, Kadisperindag; Burhanuddin, Kadis Perhubungan; Jamhur Ismail, Karo Perekonomian; Heri Andrianto dan Karo Pembangunan; Aries Fhariandi.

Sementara, Menteri Maliki tampak didampingi Konjen Mark Low, Konsul Political Samuel Woon dan Deputy Director di MFA; Adele Lee.

Pertemuan tersebut tampak begitu akrab. Di antara pembahasan rencana penguatan kerja sama, juga bernostalgia tentang hubungan masalah lalu dua wilayah ini. Mulai dari penemuan Singapura, hingga kemajuan dan keunggulan sampai hari ini. Kadang disertai dengan gurauan yang memancing tawa.

Tentang pengembangan SDM, Plt Gubernur sangat tertarik dengan undangan dan program yang dibuat Singapura. Termasuk pengembangan SDM untuk pegawai di pemerintahan. Apalagi tahun lalu ada sekitar 6.200 pegawai dari berbagai wilayah Indonesia yang mengikuti berbagai program peningkatan keunggulan.

Tak hanya di lingkungan pegawai, Plt Gubernur juga ingin banyak sektor sumber daya yang ikut dilatih. Karena, kata Plt Gubernur, kalau ada suatu pekerjaan, kadang belum banyak bisa diisi SDM Kepri. Dengan pelatihan dan pengembangan, Plt Gubernur yakin SDM Kepri ke depan bisa ambil banyak peran.

Aspek pariwisata juga menjadi materi yang banyak dibincangkan dalam pertemuan itu. Apalagi WN Singapura merupakan yang paling banyak berkunjung ke Kepri.

Plt Gubernur ingin dampak pariwisata dirasakan lebih banyak ke masyarakat. Ke depan, harus ada paket-paket khusus sehingga para wisatawan sampai ke tempat lainnya seperti Pulau Penyengat. Sebab, selama ini, mereka hanya sampai di Lagoi dan Batam saja.

“Kalau ini kita berdayakan, masyarakat setempat akan merasakan serpihan ekonominya,” kata Plt Gubernur.

Demikian juga dengan investasi, kata Plt Gubernur, Kepri selalu menyambut baik investor yang datang. Pihaknya akan memberikan banyak kemudahan dan insentif terhadap investasi yang masuk, sesuai dengan aturan yang ada.

Maliki Osman berterima kasih dengan sambutan Plt Gubernur. Menurut Maliki pihaknya selalu ambil kesempatan untuk melihat perkembangan di Kepri. Apalagi ini kawasan yang paling dekat dengan Singapura.

“Pada pandangan kami, kejayaan Kepri, kejayaan Indonesia, kejayaan kita juga. Sebagai negara jiran harus saling menyokong,” sebut Maliki.

(*)