Penerbangan di Bandara Hong Kong Kembali Normal

Unjuk rasa di Bandara Hong Kong. (Foto: Bloomberg)

Hong Kong - Aksi pendudukan Bandara Internasional Hong Kong oleh demonstran berakhir. Jadwal penerbangan melalui bandara tersebut kembali normal, Selasa (13/8/2019) pagi.

Dilansir BBC, Hong Kong International Airport dalam situs resminya menyatakan akan mulai melakukan penjadwalan ulang penerbangan yang berdampak pada pergerakan penerbangan.

"Kami sudah melanjutkan check-in," ujar juru bicara bandara Hong Kong, seperti dikutip dari kantor berita AFP.

Penumpang diharapkan selalu memperhatikan informasi penerbangan terbaru melalui situs resmi bandara tersebut.

Penutupan tiba-tiba dari salah satu bandara tersibuk di dunia terjadi setelah ribuan demonstran berpakaian hitam menduduki bandara untuk sebuah demonstrasi damai.

Aksi massa tersebut dipicu oleh tuduhan-tuduhan bahwa aparat keamanan menggunakan kekerasan berlebihan dalam menghadapi aksi pengunjuk rasa pada akhir pekan.

Ancaman dakwaan terorisme, dengan hukuman lebih berat yang diarahkan kepada para pengunjuk rasa, tampaknya mendorong sebagian peserta aksi membubarkan diri.

Pada Selasa pagi, hanya segelintir pengunjuk rasa yang tersisa di bandara.

Sekitar 50 pengunjuk rasa tetap berkemah di terminal pada Selasa pagi, sementara lebih dari 100 penumpang terlihat antre di loket tiket, kantor berita Reuters melaporkan.

Seorang penumpang, yang ingin tetap anonim, mengatakan kepada BBC bahwa mereka ditinggalkan di bandara dengan "tidak ada makanan dan tidak ada air minum".

"Kami benar-benar ditinggalkan oleh staf bandara," kata mereka. "Orang-orang tidur di eskalator dan lantai keras."

(*)