Kalah 0-2 dari Thailand, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF U-15

Kalah 0-2 dari Thailand, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF U-15

Timnas Indonesia U-15 (Foto:ist/tempo)

Chonburi - Indonesia kalah 0-2 dari Thailand di semifinal Piala AFF U-15 di Chonburi Campus Stadium 1, Chonburi, Thailand, Rabu (7/8/2019). Garuda Muda pun gagal mempertahankan gelar juara.

Indonesia langsung mengancam pertahanan Thailand di menit pertama. Dua tembakan dilepaskan pemain Indonesia dari luar kotak penalti, namun masih bisa diblok lawan.

Semenit kemudian peluang kembali didapat Indonesia. Bola dari tembakan Marselino Ferdinan di sudut sempit sebelah kanan masih bisa ditepis kiper Kadiej Rungkitwattananukul.

Meski bermain di kandang, Thailand belum bisa mengancam pertahanan Indonesia sampai laga berjalan 10 menit. Tim besutan Bima Sakti malah dengan berani mengalirkan bola dengan cepat ke pertahanan Thailand.

Thailand membuat ancaman ke Indonesia di menit ke-16. Anucha Somonwat melepaskan tembakan first time, yang arah bolanya masih sedikit melebar dari gawang I Made Kaicen

Valeroen mengancam gawang Thailand di menit ke-22. Bola umpan silang dari sisi kiri berhasil disambar dengan sundulan, namun masih belum mengarah ke gawang.

Pornsawn Sankila membuat pertahanan Indonesia ketar-ketir di menit ke-26. Pornsawn melepaskan tembakan yang masih bisa ditangkap Kaicen usai mengecoh Alexandro Kamuru.

Thailand mengancam gawang Indonesia di menit ke-35. Berawak dari umpan sepak pojok, Kasidit Kalasin sukses menyambar bola dengan sundulan. Bola masih melebar dari gawang.

Hingga akhir babak pertama kedua tim saling gantian melancarkan serangan. Namun, tak ada gol yang mampu diciptakan. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Thailand langsung menekan pertahanan Indonesia di awal babak kedua. Sebuah kemelut dari sepak pojok terjadi di kotak penalti Indonesia. Kasidit melepas tembakan dari jarak dekat, tapi bola masih melebar ke sisi kanan gawang Indoensia.

Thailand kembali mengancam selang tiga menit kemudian. Umpan silang Pornsawn mengarah ke gawang Indonesia. Kaicen berhasil menepisnya. Bola kembali dalam penguasaan Thailand, tembakan yang dilepaskan Kakana Khamyok melambung di atas gawang.

Gawang Indonesia akhirnya bobol juga di menit ke-52. Niphitphon Wongpanya berhasil melesakkan gol usai menyambut umpan silang mendatar dari Pornsawn di sisi kanan.

Indonesia coba merespons cepat. Sebuah ancaman diterima Thailand saat sundulan Wahyu Agong membentur mistar gawang di menit ke-55.

Thailand memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-70. Niphitphon melepaskan tembakan dari jarak usai menang duel udara dengan Kadek Arel.

Indonesia tak mampu merobek gawang Thailand di sisa waktu. Alhasil, Marcell Januar dkk. harus rela menuntaskan laga dengan kekalahan 0-2.

Hasil ini membuat Indonesia gagal mempertahankan gelar juara Piala AFF U-15. Pada 2018, Indonesia besutan Fakhri Husaini keluar sebagai juara usai mengalahkan Thailand lewat adu penalti.

Thailand akan bertemu Malaysia di laga final. Malaysia melaju usai menang 3-1 atas Vietnam. Indonesia dan Vietnam meskipun kalah di semifinal, masih harus bertanding untuk merebut tempat ketiga.

Susunan Pemain:

Indonesia: I Made Kaicen, Alfin Lestaluhu, Kadek Arel, M Faizal, Wahyu Agong, Marselino Ferdinan, Ruy Ariyanto, Marcell Januar, Alexandro Kamuru, Dimas Juliono, valeroen (Resa Aditya 54').

Thailand: Kadiej Rungkitwattananukul, Teehkawin Chansri, Chonnapat Buaphan, Sittha Boontha, Kakana Khamyok, Niphitphon Wongpanya, Phaphum Kunkongmee, Kasidit Kalasin, Thanawar Saipetch, Pornsawn Sankila, Anucha Somonwat.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews