Pelabuhan Roro Karimun Tak Terawat, Kemenhub Ambil Alih

Pelabuhan Roro Karimun Tak Terawat, Kemenhub Ambil Alih

Pelabuhan Roro di Parit Rampak, Karimun saat peninjauan oleh Kemenhub. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Kemenhub berencana melakukan perbaikan pada pelabuhan Roll on Roll off (Roro) Parit Rampak, Karimun, Kepulauan Riau.

Rencana diambil alih kembali pelabuhan tersebut setelah Dirjen Pehubungan Darat melihat langsung kondisi pelabuhan itu.

Diresmikan sejak 2008 lalu, kondisi pelabuhan itu kini terdapat sejumlah kerusakan, salah satunya ponton untuk sandar kapal.

Kerusakan terjadi pada bagian jembatan penghubung atau Moving Bridge dan Mooring Dolphin. Hal itu mengakibatkan terhambatnya proses turun naiknya penumpang dan kendaraan.

Kerusakan tersebut sudah terjadi sejak lama. Pemerintah Daerah selaku pengelola belum melakukan perbaikan dengan alasan keterbatasan anggaran.

Dirjen Perhubungan Darat, Irjen Pol Budi Setiyadi menyebutkan, rencananya pemerintah pusat akan mengambil alih melakukan perbaikan terhadap kerusakan itu.

Mengenai perbaikan juga telah dilakukan koordinasi dengan Pemda Karimun agar pelabuhan kembali diserahkan kepada pemerintah pusat.

"Maka saya minta ini kembali diserahkan kepada Pemerintah Pusat, agar perbaikannya dapat dibiayai menggunakan anggaran pusat. Dari pada nanti pemeliharaannya kurang dan pelayanan kepada masyarakat ternganggu," kata Budi usai melakukan peninjauan.

Apabila penyerahan telah dilakukan, pihaknya akan melakukan studi atau kajian terhadap kerusakan tersebut untuk diperbaiki.

Budi meminta penyerahan aset dapat segera dilakukan pada tahun 2019 ini.

Untuk perbaikan pelabuhan Roro Parit Rampak tersebut, diperkirakan membutuhkan biaya mencapai Rp 15 miliar.

"Tadi saya tanya kepada Direktur ASDP, untuk biaya perbaikan ini diperkirakan membutuhkan biaya sebesar Rp 10-15 miliar," ujar Budi.

Untuk perbaikan, akan dilakukan secara bertahap. Jika semua telah diserahkan, pemerintah pusat akan menganggarkan biaya perbaikan.

"Perbaikannya bertahap dan apabila memang sudah diserahkan kita akan mulai anggarkan untuk perbaikan tahap I tahun depan," katanya.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews