Menjajal Sensasi Main Gim Canggih Berteknologi VR

Menjajal Sensasi Main Gim Canggih Berteknologi VR

Pecinta gim menjajal sensasi permainan di VR Game Studio, BCS Mall.

Batam - Perkembangan teknologi berjalan cepat di berbagai lini. Berawal dari analog hingga merambah teknologi digital pada saat ini.

Kemajuan teknologi juga merambah dunia gim (video game). Salah satunya adalah penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) game yang mulai digemari generasi milenial sejak 2018. 

Banyaknya anak muda yang menggemari jenis gim VR ini, juga dimanfaatkan sebagai peluang untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Seperti halnya yang dilakukan Agus, pemilik VR Game Studio di Batam.

Agus, mengatakan VR Game Studio sendiri, sudah hadir di Batam sejak 2018. Dia mendirikan studio game realita maya ini, saat pertama kali menjumpai tenknologi ini. 

"Teknologi-teknologi virtual ini, dulunya cuma ada di negara-negara maju seperti Singapura dan Malaysia. Di Indonesia sendiri, teknologi permainan seerti ini hanya ada di Batam, Jakarta dan Bandung," kata Agus, Senin (8/7/2019). 

VR Game Studio, didirikan di BCS Mall lantai 5 dekat Bioskop XXI. Lokasi ini dipiih Agus karena dinilai strategis untuk menggaet pasar lokal dan wisman. 

VR Game Studio ini dibuka dengan tujuan agar orang bisa menikmati teknologi yang sebenarnya. Di sini, selain menyediakan game, mereka juga menyediakan video dimana pengunjung bisa menonton tayangan dengan teknologi 3 dimensi. 

Berbeda dengan teknologi 3D saat menonton bioskop, di VR Game Studio pengunjung seperti diajak masuk ke dalam dunia gim tersebut.

"Para gamer ini kan biasanya bermain hanya melalui handphone dan pc saja. Nah kita ingin memberikan pengalaman bagaimana rasanya kita betul-betul masuk dalam dunia gim. Dan kami satu-satunya di Batam dengan produk Oculus," katanya 

VR Game Studio, mempunyai 2 jenis permainan yaitu Oculus dan Steam, dengan total permainan sebanyak 30 gim permainan. 

"Kalau Steam itu, biasanya seperti Beat Saber permainan non-action yang paling terkenal. Sedangkan dari Oculus yang terkenal Roborico, karena merupakan produk yang dirancang khusus untuk Oculus, sehingga grafiknya bener-bener bagus," jelasnya. 

Untu menikmati permainan ini, pengunjung cukup membayar Rp 21 ribu untuk1 kali durasi permainan. Setiap sesi permainan waktu peyelesaiannya bervariatif dari pemainnya mulai dari 10 - 20 menit, tergantung sudah terbiasa atau tidaknya dengan permainan tersebut. 

Di VR Game Studio, permainan ini dimainkan dengan dua cara, yang pertama hanya menggunakan VR dan stick sedangkan badan dibebaskan untuk bergerak dan berjalan. 
Sedangkan satunya lagi dengan berdiri di atas papan permainan, sambil badan diikat dengan di alat tersebut. Alat ini disebut Agus dengan nama Terbo Mini. 

Menggunakan alat ini pemain akan lebih nyata lagi masuk ke dalam dunia gim, sehingga harus diikat agar tidak terjatuh. Selain itu menurut pengakuan Agus, Batam merupakan satu-satunya daerah di Asia Tenggara yang memiliki alat ini. 

Area permainan ini, akan terus dikembangkan dan di upgrade untuk jenis permainannya. Gim terbaru akan terus dihadirkan dalam arena bermain ini. 

"Prospek ke depan yang mau dikembangkan permainan dan teknik pemasaran. Tapi kalau untuk ke pelanggan selalu usahakan mengupgrade gim kita dan membuat senyata mungkin. Mana gim terbaik itu yang ada di kita," ujarnya. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews