Dikeluhkan Pengendara, Tumpahan Semen Bikin Rusak Permukaan Jalan

Dikeluhkan Pengendara, Tumpahan Semen Bikin Rusak Permukaan Jalan

Tumpahan semen coran di Jl Yos Sudarso, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Jalan tak rata membuat pengendara yang melintas di Jl Yos Sudarso khawatir. Hal ini akibat tumpahan semen dari mobil proyek. 

Material semen untuk bahan coran itu berserak dan mengeras menyatu dengan aspal. Pengguna jalan harus ekstra hati-hati. Kondisi ini tentu juga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Apalagi pengendara roda dua juga harus berbagi jalan dengan truk-truk kontainer saat melintasi jalan ini.

Salah seorang pengguna jalan, Toni mengaku permukaan aspal yang rusak ini tetap seperti melewati jalan yang berlubang.

“Ya terganggu, karena walaupun aspalnya tidak berlubang, tetapi semen ini membuat jalan tidak merata, jadi tetap saja seperti kita berkendara di aspal yang berlubang,” ujarnya, Selasa (24/6/2019). 

Karena hampir setiap hari melewati jalan tersebut, Toni mengaku hapal dan segera menurunkan kecepatan motornya ketika akan melewati jalan tersebut. 

“Kalau orang baru lewat sini pasti dia terkejutlah, nah kalau dia jatuh nantinya bagaimana,” kata dia. 

Selain jalan Yos Sudarso yang akan menuju Pelabuhan Batuampar, kondisi serupa dijumpai di jalan protokol di kawasan Bukit Seraya menuju Batu Ampar, begitu juga di Simpang Kuda, Sei Panas, masih beberapa bagian jalan memiliki kontur tidak merata. 

 

Tumpahan semen coran di Jl Yos Sudarso, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam. (Foto: Margaretha/Batamnews)

 

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM-SDA) Kota Batam, Yumasnur mengatakan, pihaknya memang sudah membuat perencanaan perbaikan jalan di JL. Yos Sudarso.

“Karena itu jalan provinsi, kita sudah sampaikan ke pemerintah provinsi,” ujar Yumasnur saat dikonfirmasi, Selasa (25/6/2019). 

 

Perbaikan Jalan di Beberapa Titik Kota Batam

Sedangkan untuk kontur jalan menuju Simpang Kuda, Sungaipanas dikatakan Yumasnur akan segera dibenahi.

Ia menjelaskan penataan ini akan dikerjakan secara bertahap. Tahun ini juga akan dilakukan penataan yang sejalan dengan perbaikan. “Setelah itu baru dilanjutkan lagi,” ucapnya. 

Ia menyebutkan beberapa ruas jalan yang dilebarkan akan dilanjutkan pengerjaannya, antara lain dari simpang Karambia cafe menuju gedung lama bioskop 21, lalu ruas jalan Kantor Camat Lubukbaja menuju Simpang Baloi dan Jalan dari Simpang Kepri Mall menuju Simpang Masjid Agung Batam Center. 

Selain itu, ada ruas jalan baru yang akan dilebarkan, yaitu ruas jalan Simpang Kepri Mall menuju Simpang Panbil Mall. Rencananya ruas jalan tersebut akan dibuat menjadi lima lajur. 

Untuk ruas jalan menuju Sagulung atau Batuaji dari Mukakuning, Yumasnur menyampaikan belum bisa dilaksanakan pada tahun ini. Tetapi rencana pelebaran ruas jalan tersebut tetap ada. “Kalau saat ini paling hanya pembenahan simpangnya dulu,” ucapnya.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews