OS HongMeng Huawei Diklaim Lebih Cepat dari Android

OS HongMeng Huawei Diklaim Lebih Cepat dari Android

Huawei.

Batam - Kabar tentang sistem operasi ponsel cerdas Huawei, yang disebut-sebut bernama Hongmeng OS atau ARK OS,  sebagai alternatif OS Android Google, terus mengemuka.

Spekulasi waktu peluncuran terus bermunculan. Beberapa sumber menyebut OS ini akan diluncurkan Agustus, sementara sumber lain menyebut Oktober.

Kabar terakhir yang muncul adalah tentang kualitas OS ini. Menurut sebuah laporan di laman Global Times, 11 Juni 2019, Huawei  secara intensif melakukan proses pengujian sistem operasi HongMeng  dengan raksasa internet dan vendor ponsel pintar domestik. OS baru ini diharapkan akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan, ungkap laporan itu.

Sumber laporan tidak disebutkan dan berita ini dapat dianggap sebagai bagian dari upaya mempengaruhi pemerintah AS yang sedang dalam proses menjatuhkan larangan terhadap Huawei menggunakan teknologi AS.

Laporan tersebut mengutip sebuah sumber, yang mengisyaratkan bahwa Huawei bekerja erat dengan raksasa teknologi Tencent, serta pembuat ponsel pintar Xiaomi, Oppo dan Vivo untuk mendorong peluncuran OS HongMeng.

Laporan ini menciptakan suasana antisipasi tentang apa yang akan terjadi di masa depan untuk Android Google. Selama ini, masih diyakini bahwa menciptakan alternatif siap-pasar untuk Android hampir tidak mungkin. Namun laporan itu mengatakan sebaliknya.

Bahkan dikabarkan bahwa tes menunjukkan OS HongMeng 60% lebih cepat dari Android Google. Tentu tidak mudah mempercayai klaim ini.

Huawei belum mengungkapkan kapan OS baru akan dirilis dan itu bisa menjadi kartu as lain dalam perang perdagangan AS Vs Cina. Saat ini semua pihak menunggu, apakah AS jadi menjatuhkan larangan setelah berakhirnya perpanjangan 90 hari.

Muncul kabar lain, bahwa OS HongMeng akan digunakan di ponsel Mate 30 pada kuartal terakhir tahun ini. Global Times mengutip beberapa sumber industri yang mengisyaratkan bahwa OS baru kemungkinan dipakai Huawei P40, yang diperkirakan muncul kuartal pertama tahun 2020.

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews