250 Personel Gabungan Amankan Pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata

250 Personel Gabungan Amankan Pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata

Lokasi pemakaman Ani Yudhoyono.

Jakarta - Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), meninggal pada Sabtu (1/6/2019) kemarin, sekitar pukul 11.50 waktu Singapura, di National University Hospital (NUH), Singapura.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan menurunkan 250 personel gabungan di sekitaran TMP, Kalibata. Hal itu untuk melakukan pengamanan pada saat prosesi pemakaman.

"Kita sudah siapkan sekitar 250 personel gabungan TNI-Polri," kata Argo kepada wartawan, Jakarta, Minggu (2/6/2019).

Argo menjelaskan, ratusan personel gabungan yang diturunkan di sekitaran TMP, Kalibata, juga untuk membantu membantu Paspampres yang juga ikut menjaga.

"Di sana nanti ada Paspampres juga, kita ikut mengamankan lagi," jelasnya.

Sebelumnya, kondisi terakhir kesehatan Ani Yudhoyono yang mengidap kanker darah mengalami penurunan. Maka dari itu, Ani harus dirawat di ruang Intensif Care Unit (ICU). Hingga akhirnya Ani menghembuskan napas terakhirnya di National University Hospital (NUH) Singapura pada Jam 11.50 waktu setempat.

Diketahui, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara pemakaman ibu negara keenam Ani Yudhoyono yang akan berlangsung sore nanti di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Pagi ini, Minggu (2/6), jenazah Ani yang mengembuskan napas terakhir di National University Hospital, Singapura, masih disemayamkan di rumah duka di Puri Cikeas Bogor.

Mulai pukul 08.00 Wib, warga dan kerabat akan diberikan kesempatan untuk melayat dan memberikan penghormatan terakhir terhadap Ani di Pendopo Cikeas.

Chief Communication Officer The Yudhoyono Institute Ni Luh Putu Caosa Indryani melalui keterangan tertulis menjelaskan, sekitar pukul 12.00 Wib, setelah salat zuhur, jenazah akan disalatkan di Pendopo Cikeas.

Pada pukul 13.30 Wib, upacara persemayaman Jenazah Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono di Pendopo Cikeas, dilanjutkan dengan perjalanan menuju TMP Kalibata. Upacara persemayaman ini akan dipimpin oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo sebagai inspektur upacara.

Dari Cikeas, rute perjalanan rombongan jenazah Ibu Ani akan melalui Jalan Alternatif Trans Yogi Cibubur - Masuk Pintu Gerbang Tol Cibubur arah Jakarta - Jalan Tol Jagorawi - Cawang - Tol Dalam Kota - Keluar Pintu Tol Pasar Minggu Pancoran - Jalan Raya Pasar Minggu - Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Upacara pemakaman secara kenegaraan akan dilakukan pada pukul 15.00 Wib dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo.

"Upacara pemakaman Jenazah Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono dilaksanakan pada 15.00 Wib, Minggu. Presiden Joko Widodo ( Jokowi) direncanakan menjadi inspektur upacara (irup)," kata Ni Luh Putu Caosa Indryani.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews