Bandara Raja Haji Abdullah Layak Layani Penerbangan Reguler

Bandara Raja Haji Abdullah Layak Layani Penerbangan Reguler

Wabup Anwar Hasyim menyambut pendaratan perdana Wings Air di Bandara Raja Haji Abdullah, Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Proving Flight maskapai Wings Air di Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Sei Bati, Kecamatan Tebing, Karimun, berjalan dengan mulus pada Kamis (23/5/2019).

Pendaratan perdana Pesawat Wings Air jenis Avions de Transport Regional (ATR) 72 seri 600 tersebut, bertujuan untuk mengecek kelayakan bandara di Karimun.

Hal itu dilakukan sebelum dilakukan rute penerbangan yang telah dijadwalkan dengan rute Batam-Karimun.

Distrik Manager Lion Air Group Batam M. Zaini Bire mengatakan, Kabupaten Karimun telah lama menjadi sasaran Wings Air untuk membuka jalur penerbangan, namun baru dapat terlaksana.

"Sebenarnya sudah lama ingin membuka rute penerbangan dari Karimun, tapi baru terlaksana sekarang," kata dia, kemarin.

Baca: Ujicoba Penerbangan Perdana Wings Air ke Karimun Berlangsung Mulus

Menurutnya, Karimun memiliki potensi penumpang yang sangat bagus, ditambah wilayah Karimun merupakan daerah transit dari berbagai daerah bahkan antar negara.

"Potensi di sini sangat bagus. Dari dibukanya rute Karimun - Batam, tidak menutup kemungkinan kita untuk membuka jalur lebih luas lagi seperti Tanjungpinang dan Pekanbaru," kata Bire.

Dari hasil uji coba pendaratan perdana ini, menurutnya, Bandara RHA dinilai sudah cukup baik dan fasilitasnya telah memenuhi persyaratan, sesuai dengan aturan dari Kementerian Perhubungan.

Penerbangan resmi rencananya akan dilakukan paling lambat pada 12 Juni 2019 mendatang. Namun jadwal itu bisa lebih cepat lagi tergantung persiapan dari kedua belah pihak.

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan, Kabupaten Karimun merupakan wilayah baru berkembang yang membutuhkan transportasi udara untuk mendukung perkembangan daerah.

"Ini akan menjadi kebutuhan masyarakat kedepannya. Bukan dari Karimun saja, namun dari daerah-daerah lain seperti Meranti dan Selat Panjang,"katanya.

Kehadiran Wings Air menjadi sebuah kemudahan untuk masyarakat dalam menjalankan aktifitasnya. Bukan dalam tugas kerja, tetapi juga untuk masyarakat bepergian tanpa memakan waktu yang lama.

Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan penuh untuk kemajuan bandara ini kedepan menjadi lebih baik.

Kepala Bandara RHA Karimun Fanani Zuhri mengatakan, kegiatan hari ini merupakan uji coba untuk membuat usulan protab kegiatan take off landing dan operasional pesawat Wings Air sebelum penerbangan perdananya nanti.

"Ada beberapa tim maskapai yang akan melakukan pengecekan di sini, sebelum dilakukan penerbangan perdana," katanya.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara, Suwarso menambahkan penerbangan ini akan dibuka secara rutin setiap harinya dari Bandara Hang Nadim menuju Bandara Raja Haji Abdullah.

"Penerbangan dilakukan setiap hari, semoga menambah penerbangan di Batam," kata dia.

(das/aha)