Polri: Teroris Akan Tunggangi Aksi 22 Mei

Polri: Teroris Akan Tunggangi Aksi 22 Mei

Kadiv Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal saat menunjukkan sejumlah barang bukti di kantornya, Jakarta. (Foto: VOA Indonesia)

Jakarta - Kepolisian Indonesia mengimbau masyarakat untuk tidak demo turun ke jalan pada Rabu, 22 Mei 2019 bertepatan dengan rencana KPU mengumumkan hasil rekapitulasi nasional Pilpres 2019.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal mengatakan sejumlah terduga teroris berencana melakukan aksi teror dengan bom pada Rabu 22 Mei 2019. 

Menurut Iqbal, para terduga teroris itu berencana menyerang massa yang akan demo pada 22 Mei mendatang dan aparat yang bertugas. Kata Iqbal, informasi ini didapat dari hasil pemeriksaan dari terduga teroris yang ditangkap polisi. Polisi tidak dapat memastikan aksi teror ini akan berlanjut atau tidak, meskipun sebanyak 68 terduga teroris telah ditangkap.

"Karena bagi kelompok ini demokrasi adalah paham yang tidak sealiran dengan mereka. Dan ini adalah target mereka. Karena itu lewat forum ini kepolisian negara Republik Indonesia menyampaikan bahwa pada tanggal 22 Mei, masyarakat kami imbau tidak turun," jelas Mohammad Iqbal di Mabes Polri, dilansir VOA Indonesia.

Iqbal menambahkan sebagian besar terduga teroris ditangkap pada 3 bulan terakhir. Rinciannya bulan Mei sebanyak 29 orang, April 14 orang dan Maret 20 orang. Sedangkan bulan Januari sebanyak 4 orang dan Februari 1 orang. Adapun beberapa barang bukti yang disita kepolisian antara lain 5 bom rakitan, 4 pisau, dan 2 busur panah.

"Dari 68 tersangka sedang melakukan proses penyidikan dan proses pengembangan juga. Dari 68 tersangka, 8 tersangka meninggal dunia. 1 tersangka meledakkan diri di Sibolga dan daya ledaknya luar biasa. Dan 7 tersangka meninggal dunia karena mengancam nyawa petugas," imbuhnya.

Dua dari para terduga teroris yang memberikan kesaksian tentang rencana aksi pada 22 Mei mendatang adalah EY dan DY. Menurut DY, ia telah merangkai bom yang akan digunakan beberapa orang yang dipimpinnya melakukan aksi pengeboman dengan menggunakan remote atau alat pengoperasi jarak jauh.

"Yang mana pada tanggal tersebut sudah kita ketahui bahwa di situ akan ada kerumunan massa, yang merupakan event yang bagus menurut saya untuk melakukan amaliah. Karena di situ merupakan pesta demokrasi yang menurut keyakinan saya itu adalah syirik akbar yang membatalkan keislaman," tutur DY.

Hal yang sama juga disampaikan EY. Menurutnya pemilu merupakan kesyirikan dan dirinya akan melakukan aksi pengeboman dengan meletakkan bom di kerumunan massa pada 22 Mei mendatang.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews