Batas Atas Turun, Harga Tiket Pesawat Turun Sebelum Lebaran?

Batas Atas Turun, Harga Tiket Pesawat Turun Sebelum Lebaran?

Maskapai penerbangan.

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakinkan keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menurunkan tarif batas atas (TBA) baru bagi seluruh penerbangan domestik kelas ekonomi akan efektif.

Utamanya menjelang musim mudik Lebaran 2019. Demikian disampaikan Darmin kepada wartawan selepas mengikuti acara buka puasa bersama dengan pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/5/2019) lalu.

"Loh kalau batas atasnya diturunkan jelas efektif dong. Karena menteri BUMN (Rini Soemarno) mengatakan saya tidak akan intervensi tapi kalau itu diturunkan, tiketnya juga turun," ujar Darmin.

Ia mengaku telah meminta agar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengkaji penentuan tarif batas atas dan batas bawah.

"Beliau (Menhub) mengatakan akan me-review berapa jauh bisa turun. Menteri BUMN bilang kalau aturannya batas atasnya diubah, kita akan ikut," kata Darmin.

Sebelumnya, Menhub memastikan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat akan diturunkan. Demikian disampaikan Budi Karya selepas mengikuti rapat koordinasi terkait tarif tiket pesawat di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (6/5/2019) itu.

"Rapatnya kita akan evaluasi TBA. Saya diberi waktu dalam waktu satu minggu akan menetapkan batas atas baru untuk penerbangan ekonomi," ujar Budi Karya kepada wartawan.

Menurut dia, salah satu pertimbangan di balik keputusan itu adalah UU. Meski tak menyebut UU yang dimaksud, Budi Karya menuturkan Kementerian Perhubungan dapat menentukan TBA dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat.


Terpisah, Menteri BUMN Rini Soemarno memastikan akan mengikuti keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat.

"Oh itu dari Kementerian Perhubungan sebagai regulator. Kita akan mengikuti dong. Garuda (PT Garuda Indonesia Tbk) kan salah satu pelaku usaha di sektor penerbangan. Kita akan mengikuti apa yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan," kata Rini.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews