Penyu Mati di Pantai Trikora, Diduga Tercemar Limbah

Penyu Mati di Pantai Trikora, Diduga Tercemar Limbah

Penyu mati ditemukan warga di Pantai Trikora, Kamis (2/5/2019). (Foto: instagram kepulauanriauindonesia)

Batam - Seekor penyu ditemukan warga mati di pinggir Pantai Trikora, Kabupaten Bintan, Rabu (1/5/2019) dini hari. Penyu sisik itu termasuk hewan dilindungi.  

Belum diketahui pasti penyebab kematian hewan tersebut. Banyak yang menduga karena pencemaran laut.

Akun instagram @kepuluanriauindonesia mengunggah video penemuan penyu mati tersebt. Beberapa netizen pun beropini adanya pencemaran yang tejadi. Jika dikorelasikan, beberapa waktu sebelumnya wilayah pesisir di Kabupaten Bintan, seperti Pantai Trikora diserang limbah musiman sludge oil.

Limbah ini diduga hasil pembuangan aktivitas tank cleaning kapal-kapal besar di perairan internasional.

Sangat disayangkan jika hal itu akibat limbah, pasalnya, para penggiat konservasi penyu selama ini berupaya keras menjaga populasi hewan langka ini

 

 

Koordinator Konservasi Penyu Kampung Baru, Lagoi, Sabri mengatakan, setiap tahun komunitasnya menetaskan ratusan telur penyu. Setelah menetas dan menjadi tukik, lalu dilepaskan ke alam bebas atau laut untuk pelestarian penyu.

"Di Bintan ada beberapa lembaga pelestarian penyu. Kalau kami sendiri melakukan pelestariannya bersama masyarakat setempat," ujarnya kepada batamnews.co.id, belum lama ini.

Dilansir dari wikipedia, tidak banyak regenerasi yang dihasilkan seekor penyu. Dari ratusan butir telur yang dikeluarkan oleh seekor penyu betina, paling banyak hanya belasan tukik (bayi penyu) yang berhasil sampai ke laut kembali dan tumbuh dewasa.

Itu pun tidak memperhitungkan faktor perburuan oleh manusia dan pemangsa alaminya seperti kepiting, burung dan tikus di pantai, serta ikan-ikan besar begitu tukik tersebut menyentuh perairan dalam.

Di tempat-tempat yang populer sebagai tempat bertelur penyu biasanya sekarang dibangun stasiun penetasan untuk membantu meningkatkan tingkat kelulushidupan (survival). Di Kepri misalnya terdapat stasiun penetasan, seperti:

Kabupaten Bintan (Pantai Sakera, Pantai Trikora, Tanjung Uban, Bintan Timur, Desa Mepar, Kepulauan Tambelan), Kabupaten Karimun, Kabupaten Kepulauan Anambas (Pulau Damar, Pulau Mangkai, Pulau Durai, Pulau Pahat) dan Kabupaten Natuna (Pulau Senoa, Pulau Sekatung)

(fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews