Jokowi Minta Netizen Pilih Lokasi Ibu Kota RI yang Baru

Jokowi Minta Netizen Pilih Lokasi Ibu Kota RI yang Baru

Presiden Jokowi (Foto:ist/tempo)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah postingan di media sosialnya mengenai wacana pemindahan ibu kota Indonesia. Lewat akun Instagramnya @jokowi, Jokowi bertanya kepada netizen untuk memilih daerah yang cocok sebagai ibu kota baru Indonesia. 

"Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?" tanya Jokowi, dikutip dari akun Instagramnya, Selasa (30/4/2019)

Jokowi menyebutkan, DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus, yakni sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. Dia mempertanyakan kemampuan kota ini di masa depan untuk memikul beban tersebut.

Menurut matan Gubernur DKI Jakarta tersebut, banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negaranya masing-masing dengan memindahkan ibu kota. Seperti Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan.

Jokowi juga menceritakan bahwa wacana pemindahan ibu kota sudah ada sejak Presiden Soekarno menjadi Kepala Negara. Bahkan, setiap kepemimpinan yang baru selalu dibahas namun tidak pernah diputuskan dan direncanakan dengan matang.

"Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar," tulis Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini pun menjadi yang pertama memutuskan mengenai ibu kota Indonesia yang harus dipindahkan ke luar Pulau Jawa. Meski demikian, mengenai lokasi pastinya masih belum diputuskan.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews