Wawako Rahma: Sekolah di Tanjungpinang Harus Ramah Anak

Wawako Rahma: Sekolah di Tanjungpinang Harus Ramah Anak

Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma saat menandatangani deklarasi sekolah layak anak (Foto:Batamnews)

Tanjungpinang - Wakil Walikota (Wawako) Tanjungpinang, Rahma meminta setiap sekolah harus ramah anak. Seperti hal nya yang dilaksanakan SMP Negeri 5 Tanjungpinang. Sekolah tersebut telah berkomitmen menciptakan Sekolah Ramah Anak.

Komitmen itu ditandai dengan deklarasi sekolah ramah anak di CK Hotel Tanjungpinang, Senin (29/4/2019). Acara tersebut sejalan dengan kegiatan Purnawiyata Siswa kelas IX.

Pada kesempatan itu, Rahma mengatakan, sekolah ramah anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggungjawab.

"Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak, sekolah ramah anak adalah sekolah atau madrasah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan atau pendidikan layanan khusus," ujar Rahma.

Ia menambahkan, dengan kondisi lingkungan seperti demikian diharapkan sekolah dapat menciptakan suasana lingkungan sekolah yang sangat kondusif untuk menumbuh kembangkan potensi anak karena anak dapat mengekspresikan dirinya secara leluasa sesuai dengan dunianya.

"Para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah diharapkan menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik berprilaku terpelajar, perilaku terplajar ditampilkan dalam bentuk pencapaian prestasi akademik," tambahnya.

Diakhir sambutannya, Rahma mengucapkan selamat kepada SMP Negeri 5 Tanjungpinang yang telah mendeklarasikan sebagai sekolah ramah anak.

"Akhirnya kami mengucapkan selamat kepada SMP Negeri 5 Tanjungpinang yang sudah mendeklarasikan diri sebagai sekolah ramah anak, semoga kerja keras para guru dan tata usaha sebagai ujung tombak terlaksananya sekolah ramah anak ini dicatat oleh Allah SWT sehingga mendapat balasan yang setimpal," ucapnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang, DR. H. Ahmad Yani, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Rustam, Ketua Ikatan Alumni SMP Negeri 5 Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews