Petugas Medis Diturunkan Kawal Penghitungan Suara di Batam

Petugas PPK di Belakangpadang menjalani pemeriksaan medis sebelum menjalankan penghitungan suara. (Foto: AKP Ulil untuk Batamnews)

Batam - Proses penghitungan suara tingkat kecamatan di Batam masih berlangsung. Sejumlah petugas medis diturunkan untuk mengawal jalannya penghitungan suara yang melelahkan ini.

Komisioner KPU Kepri, Widiyono Agung Sulistyo menuturkan diturunkannya petugas medis itu merupakan respons permintaan dari KPU dan Bawaslu Kota Batam.

“Alhamdulillah beberapa kecamatan sudah ada tim medis,” ujarnya, Senin (22/4/2019).

Dia menyebut sejumlah PPK yang sudah mendapatkan pengawalan tim medis yakni Kecamatan Belakang Padang, Kecamatan Bulang dan Kecamatan Sei Beduk.

“Di Bulang tim Dokkes Polda Kepri turun tangan memeriksa kesehatan anggota yang berjaga,” kata dia.

Sementara itu Ketua PPK Belakangpadang, Faisal juga membenarkan bahwa sudah ada tim medis yang turun ke sana.

“Iya ada puskesmas terdekat atas instruksi dari KPU Provinsi,” ucap Faisal.

Faisal mengatakan, dengan adanya bantuan medis ini tentunya sangat membantu petugas PPK, PPS maupun personel kepolisian yang bertugas. 

“Kami sangat berterimakasih dengan adanya bantuan medis ini, jadi semua petugas yang bekerja bisa mengecek kesehatannya di sini,” kata Faisal.

Bentuk bantuan yang diberikan tim medis yaitu berupa pengecekan kesehatan dan pemberian vitamin.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Belakangpadang, AKP Ulil yang turut serta bertugas mengamankan pemilu.

Dengan adanya bantuan medis ini, personel yang bertugas di PPK dapat mengetahui kondisi kesehatan mereka. Apabila diketahui gejala yang timbul dapat di antisipasi dengan obat, vitamin atau butuh istirahat. 

"Pengecekan ini juga tidak hanya personel di PPK, tapi kita siapkan juga untuk mengecek kesehatan petugas PPK dan Panwas sehingga mereka tetap fit dalam kegiatan pleno yang sedang berlangsung,” ucapnya.

(ude)