Suster Indonesia Tempuh Jarak 300 Km untuk Ikut Pemilu di Ethiopia

Suster Indonesia Tempuh Jarak 300 Km untuk Ikut Pemilu di Ethiopia

Suster Indonesia di Ethiopia berikan hak pilih. (Foto: Dok. KBRI Addis Ababa)

Addis Ababa - Suster asal Indonesia Maria Anjelin menempuh jarak 300 kilometer, 3 jam menggunakan mobil, untuk memberikan suara dalam pemilu 2019.

Maria merupakan WNI yang tinggal dan melayani di gereja Katolik Chole, Oromia di Ethiopia. Wanita itu sudah 11 tahun tinggal di Ethiopia.

Saat berbincang dengan Dubes RI untuk Ethiopia Al Busyra Basnur, Suster Maria mengatakan, niatnya untuk mencoblos walau menempuh perjalanan panjang adalah bentuk dari keinginannya menjadi warga negara yang baik.

"Saya senang sekali hari ini, karena meskipun saya jauh dari tanah air, namun saya bisa mengikuti Pemilu dengan baik. Saya juga sangat bahagia karena bisa bertemu dengan banyak masyarakat Indonesia lainnya di Ethiopia," sebut keterangan Maria seperti dikutip dari keterangan KBRI Addis Ababa, Senin (15/4/2019).

Selain suster Maria, seorang suster lainnya bernama Felistas, juga bernasib hampir serupa dengan rekan seprofesinya itu. Ia mesti menempuh jalur darat sepanjang 120 kilometer demi ikut serta dalam pencoblosan.

“Saya mendoakan agar Indonesia negara yang demokrasi, yang bangsanya terdiri dari bermacam ragam suku, dialek dan agama, dapat memelihara persatuan dengan baik sehingga Indonesia tetap aman, damai, dan maju," jelas Felistas.

Pada pemilu 2019 pemilih tetap di Ethiopia dan juga Djibouti, yang masuk rangkapan KBRI Addis Ababa, berjumlah 150 orang.

Pemilu di KBRI Addis Ababa berlangsung pada Minggu (14/4). Selain pencoblosan, pemungutan suara juga dilakukan dengan metode kotak suara keliling.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews