HM Sani Bawa Kepri Raih Penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2015

HM Sani Bawa Kepri Raih Penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2015

HM Sani raih penghargaan Indonesia Attractiveness dari Men PAN dan RB Yuddy Chrisnandi

BATAMNEWS.CO.ID - Gubernur Kepri HM Sani meraih penghargaan Indonesia Attractiveness dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) Yuddy Chrisnandi di Hotel Mulia Jakarta, Jumat (12/6) malam.

Sani menerima penghargaan itu setelah Provinsi Kepulauan Riau  terpilih menjadi pemenang Indonesia Attractiveness Award 2015. Penyerahan penghargaan ini ini disaksikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Indonesia Atractiveness Index merupakan survei yang diadakan Tempo Media Group bekerja sama dengan Frontier Consulting Group. Survei ini salah satunya mengukur level daya tarik suatu daerah. Sejumlah sektor yang mendapat penilaian adalah  pariwisata, infrastruktur, investasi, dan pelayanan publik.

Dalam sambutannya usai menerima penghargaan itu, Sani mengatakan bahwa prestasi ini menjadi motivasi bagi Pemprov Kepri untuk terus memberikan yang terbaik dalam pembangunan daerah, termasuk empat sektor yang menjadi penilaian.

Direktur Frontier Consulting Group, Handi Irawan, mengatakan, penghargaan ini diberikan salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepala daerah akan investasi dan pembangunan tingkat daerah di Indonesia.

Dikatakan Handi, kemajuan dan daya saing daerah ditentukan oleh pelayanan publik, ketersediaan infrastruktur, peningkatan pariwisata, dan ketertarikan investor. Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kepala daerah untuk lebih termotivasi memberikan pelayanan terhadap masyarakatnya.

Metode survei yang digunakan adalah kontribusi PDRB daerah, lalu mengerucut lagi kepada empat indikator yakni investasi, infrastruktur, pariwisata, dan pelayanan publik. Survei ini melibatkan 9.296 responden yang terdiri atas 336 investor dan 8.960 publik.

Direktur Utama Tempo Inti Media Bambang Harymurti, menyebutkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada para kepala daerah di Indonesia yang sukses membuat daerahnya menjadi lebih baik.

Sementara itu, Wapres Jusuf Kalla mengatakan, suatu daerah harus memiliki ketertarikan tersendiri agar bisa menjadi daerah yang maju. Ketertarikan tersebut bisa ditingkatkan dengan memajukan iklim usaha suatu daerah atau meningkatkan potensi wisata.

Jusuf Kalla yang tahun ini sudah tiga kali berkunjung ke Kepri  menilai, potensi wisata merupakan hal yang paling mudah dikembangkan suatu daerah. Tinggal bagaimana menyediakan fasilitas, menjaga kebersihan, dan membangun hospotalitinya. "Juga diperlukan inovasi, pengelolaan, dan promosi yang baik," tambah Wapres.

 

[asd]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews