Awal Ramadan

Warga Muhammadiyah Mulai Puasa Hari Kamis 18 Juni

Warga Muhammadiyah Mulai Puasa Hari Kamis 18 Juni

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Muhammadiyah akan melaksakanakan awal Ramadan 1436 Hijriah pada hari Kamis 18 Mei 2015. Warga Muhammadiyah Karimun sudah melaksanakan ibadah puasa pada hari tersebut.

Pelaksanaan puasa itu berdasarkan surat maklumat pimpinan pusat Muhammadiyah no 01/MLM/1.0/E/2015 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1436 Hijriyah.

‘’Pelaksanaan ibadah pusa jatuh pada hari Kamis. Artinya, Rabu malam kita sudah melaksanakan salat Tarawih," kata Datok Rajo Marah, Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Karimun, Minggu (14/6) di Tanjungbalai Karimun. 

 Awal Ramadan yang telah ditentukan tersebut, sesuai hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih, dan Tajdid pimpinan pusat Muhammadiyah. Di mana dijelaskan, berdasarkan ijtimak jelang Ramadan 1436 H terjadi pada Selasa (16/6) pukul 21.07 WIB. 

Selanjutnya, tinggi bulan pada saat terbenamnya matahari di Yogyakarta, dan diseluruh wilayah Indonesia saat terbenamnya matahari itu pada saat itu bulan berada di atas ufuk. 

'Kemungkinan sama dengan pemerintah. Bahkan, lebaran juga bisa sama, namun apabila tidak sama tidak perlu dipermasalahkan yang penting bagi warga muslimin wajib melaksanakan ibadah puasa,' ujar dia. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, H Aprizal mengatakan, ia masih menunggu keputusan Menteri Agama untuk menentukan kapan awal Ramadan jatuh versi pemerintah. 

'Tunggu dua harilah, keputusannya. Kemungkinan serentak awal Ramadan kita,' ujar dia.

 

[yon]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews