Warga Minta Penambahan Kapal Batam-Tanjungpinang

Warga Minta Penambahan Kapal Batam-Tanjungpinang

Kapal ferry Batam-Tanjungpinang. (foto: ist)

Tanjungpinang - Beberapa kapal milik operator yang melayani rute Batam-Tanjungpinang mengalami pengurangan. Hal ini diakibatkan sebanyak 7 unit kapal dari dua operator yang ada sedang menjalani perbaikan (docking).

Sebelumnya terjadi penumpukan penumpang, Minggu (31/3/2019) sore. Arus penumpang akhir pekan yang padat ditambah bergesernya jadwal keberangkatan ferry membuat penumpang berdesakan tak seperti biasanya. Padahal rute Batam-Tanjungpinang selama ini dilayani kapal setiap setengah jam.

Namun akibat berkurangnya kuantitas kapal yang beroperasi, jadwal keberangkatan dalam stau sesi bisa berjarak 1 jam.

Operator MV Marina yang awalnya lima unit, kini tersisa satu unit yang beroperasi. Sementara MV Oceanna yang sebelumnya mengoperasikan 11 unit kapal tinggal 8 unit yang beroperasi.

Keluhan muncul dari para pengguna transportasi laut ini. Mereka berharap ada penambahan kapal secepatnya. "Karena sudah sering penumpukan akhir pekan saat ini, kapal harus ditambah," kata Adi salah seorang penumpang kapal.

Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Punggur, Komarudin pun menganalisa penambahan kapal memang harus segera dilakukan. "Kalau bisa memang harus ada penambahan kapal," ujarnya.

"Dari total 16 kapal yang selama ini jalan sekarang hanya 8 kapal, baik MV Oceanna atau MV Marina," katanya.

Komarudin mengatakan, diakhir pekan memang sering terjadi penumpukan penumpang karena banyaknya warga berlibur.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews