Penderita TB di Lingga Dapat Kesempatan Berobat Gratis Hingga Sembuh

Penderita TB di Lingga Dapat Kesempatan Berobat Gratis Hingga Sembuh

Ilustrasi

Lingga - Ada kabar bahagia untuk warga penderita Tubercle bacillus (TB) atau juga dikenal dengan penyakit TBC. Pasalnya, penderita penyakit menular yang biasanya menyerang paru-paru dan disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis ini mendapatkan kesempatan berobat gratis.

Kepala seksi (Kasi) Penanganan Penyakit Menular di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Adhe Permanna Putra mengatakan, warga yang berisiko atau mengidap gejala TBC bisa berobat gratis di setiap puskesmas hingga sembuh.

"Iya buat semua penderita TB berobatnya gratis sampai sembuh," kata Adhe usai menggelar workhsop peningkatan kapasitas SDM TB di Kabupaten Lingga, Selasa (26/3/2019) kemarin.

Ia menjelaskan, pengobatan tersebut merupakan bentuk kepedulian pihaknya dalam mengobati pasien penderita TB. Dengan demikian diharapkan kepada pengelola puskesmas dan kader-kader yang langsung berada di tengah masyarakat untuk mengamati masyarakatnya yang batuk menahun dan tidak sembuh.

"Jadi ketika warga yang mengalami batuk menahun ini di cek sputum dahaknya, maka apabila dinyatakan positif akan segera di obati. Terlebih lagi obatnya gratis," ujarnya.

Adhe berharap, dengan adanya pengobatan gratis ini semua pasien TB tidak malu dan takut untuk di obati. Pasalnya, penyakit ini akan sembuh total jika rutin mengonsumsi obat.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews