BUMDes Kelong Andalkan Ternak Lele Sumbang PAD Bintan

BUMDes Kelong Andalkan Ternak Lele Sumbang PAD Bintan

Ilustrasi.

Bintan - Desa Kelong, Kecamatan Bintan Pesisir mendapatkan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2019 sebesar Rp 2.868.080.000. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bintan, Ronny Kartika mengatakan APBDes Desa Kelong itu bersumber dari tiga dana. 

Diantaranya Dana Desa (DD) dari APBN sebesar Rp 947.583.000, Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 1.834.810.000 dan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi (BHPR) sebesar Rp 85.687.000.

"Sebagian dana tersebut akan digunakan untuk mendukung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," ujar Ronny, kemarin.

Desa Kelong merupakan salah satu desa yang berada di pesisir pantai Bagian Timur Kabupaten Bintan. Meskipun desanya di kelilingi lautan, tetapi DPMD akan mendorong agar desa itu mengembangkan usaha peternakan ikan air tawar.

"Kemarin kita telah menyaksikan peternak ikan desa ini panen lele sebanyak 200 kg," ujarnya.

Mulai tahun ini, kata Ronny, BUMDes Kelong akan memfokuskan usaha dalam mengembangkan peternakan lele. Sebab potensi yang dimiliki oleh desa ini adalah sektor perikanan air tawar jenis lele.

"Kita akan dorong BUMDes Kelong untuk usaha peternakan lele. Nantinya kita juga akan bantu mencari solusinya untuk mendatangkan bibitnya dan memasarkannya," ucapnya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews