Efek Buruk Malas Gunakan Kick Starter

Efek Buruk Malas Gunakan Kick Starter

Ilustrasi.

Batam - Pemilik kendaraan biasanya akan memanaskan kendaraannya di pagi hari. Namun, banyak yang jarang bahkan tak pernah menggunakan kick starter saat menyalakan motornya.

Bahkan beberapa pemilik motor tak pernah menggunakan komponen ini sekalipun. Ternyata hal itu salah besar, kick starter seharusnya tak boleh terlalu lama tidak digunakan.

Jika pemilik kendaraan malas menggunakannya, efeknya ternyata cukup fatal. Berikut beberapa hal yang terjadi apabila kick starter jarang digunakan seperti dilansir Liputan 6 dari Wahana Honda.

1. Aki Tekor

Apabila menggunakan electric starter terus menerus dapat menghabiskan energi aki dari motor. Aki tekor akan menyebabkan seluruh komponen yang menggunakan listrik tak berfungsi dengan baik.

Lampu sein, klakson dan komponen lainnya tidak akan berfungsi secara normal karena sumber energinya telah habis digunakan.

2. Tak Mandiri

Banyak juga pemilik kendaraan ternyata tak bisa menggunakan kick stater, khususnya pada motor matik saat ini.

Seharusnya sebelum belajar menggunakan sepeda motor, pengendara harus lulus cara menggunakan standar tengah yang benar. Tak cukup itu saja, setiap orang yang mempunyai motor juga harus bisa menyalakan motor tanpa electric starter.

3. Standar Tengah Bisa Macet

Apabila kick starter tak pernah digunakan, standar tengah motor matik mungkin juga tak pernah digunakan. Hati – hati, standar tengah ternyata rawan akan kotoran karena letaknya ada di bagian bawah.

Apabila standar tengah tak pernah dipakai, maka kotorannya akan selalu menumpuk yang berakibat macet sehingga tak bisa digunakan.

4. Mesin Motor bisa Jebol

Efek terparah ialah mesin motor bisa jebol. Enggak langsung berhubungan dengan tuas kick starter, mesin motor yang lokasinya di bawah blok mesin dari sepeda motor bisa jebol ketika standar tengah macet karena jarang digunakan.

Saat pemilik memaksa menurunkan standar tengah, blok mesin bisa ikutan jebol. Karena itu cobalah untuk menggunakan kick stater saat hendak menggunakan motor di pagi hari.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews