Black Dragonfish, Ikan yang Mirip Karakter Alien di Film

Black Dragonfish, Ikan yang Mirip Karakter Alien di Film

Black Dragonfish atau Idiacanthus Atlanticus

APAKAH anda tahu ikan ini? Yuk kita kepo langsung ikan yang viral ini. Ini adalah ikan naga hitam atau yang lebih dikenal dengan Black Dragonfish, tentu anda belum tahu karena ikan ini jarang di jumpai di sekitar kita. Tetapi, jika anda pernah menonton film Alien karakternya sangat mirip dengan Black Dragonfish tersebut.

Nama ilmiah ikan ini “idiacanthus Atlanticus” ikan ini bertubuh ramping dan panjang yang tinggal di perairan laut dalam dengan kedalaman antara 1500 – 2000 meter. Black Dragonfish betina biasanya mencapai ukuran sekitar 40 cm panjangnya dan memiliki gigi yang runcing dan tajam, sedangkan penjantan hanya tumbuh sekitar 50 cm.

 

Black Dragon Fish Fusion

Penjantan Black Dragonfish tidak memiliki sistem pencernaan yang berfungsi dan tidak memiliki gigi. Tetapi, fungsi mereka satu–satunya bertahan hidup yaitu reproduksi. Ketika Black Dragonfish dalam bentuk larva, matanya hampir lepas dari tubuhnya, yang terletak di ujung batang flaksibel yang panjangnya hampir sepanjang tubuh larva. Kemudian mata ini perlahan-lahan mundur ke dalam tengkorak seiring pertumbuhanya.

Spesies ikan ini berburu dengan menggunakan bantuan “iming-iming” yang bercahaya di ujung barbel yang terletak di dagu. Black Dragonfish ini mengguankan iming-iming nya untuk menarik perhatian mangsa yang salah mengira kalau iming-iming tersebut adalah makanan.

Black Dragonfish dapat menghasilkan cahaya sendiri, walaupun ikan lain juga dapat melakukanya tetapi Black Dragonfish dapat menghasilkan cahaya kisaran biru-hijau, dan menghasilkan cahaya kisaran merah-inframerah. Dengan demikian, Black Dragonfish memiliki keuntungan sendiri yaitu menghasilkan cahaya yang spesies lain tidak dapat lakukan.

Jika Black Dragonfish terancam, organ ditubuhnya seperti kumis (photophores) yang mencangkup bagian atas dan bawah di tubuhnya dan juga terletak di bawah mata nya akan menyala, wah seperti ada aliran listrik saja ya di bawah laut ini.

Keunikan dari ikan ini sendiri yaitu bisa menyerupai alien, dan ada yang bilang menyerupai naga. Dan Black Dragonfish sendiri memiliki cahaya yang berasal dari bagian perut dan sekeliling mata. Ini membuat diri saya sendiri semakin penasaran dengan wujud dari Black Dragonfish atau ikan naga hitam ini.

 

Penampakan alien di Film

Walaupun sedikit menyeramkan bentuknya tetapi disisi lain nya juga ada lucunya loh. Karena bentuknya seperti alien yang difilm itu. Jadi bagaimana menurut kamu mirip bukan ikan ini dengan karakteristik di film alien itu? Menurut saya sih yes. (*)

 

Kolom penulis:

Oktalistiana

Mahasiswi di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UMRAH


 


Berita Terkait