Grup Black Metal Watain Dilarang Konser di Singapura

Grup Black Metal Watain Dilarang Konser di Singapura

Grup black metal Watain. (Foto: Spin)

Singapura - Pemerintah Singapura melarang grup black metal asal Swedia, Watain menggelar konser di negeri itu. Ejekan terhadap agama dan ajakan kekerasan menjadi alasan pelarangan tersebut.

Awalnya, otoritas setempat sudah memberikan izin konser selama grup yang identik dengan kostum hitam ini tidak membawakan lagu yang menyinggung agama. Namun dalam perjalanannya, izin tersebut akhirnya dicabut.

Pembatalan izin itu memunculkan reaksi dari manajemen Watain. 

"Kami telah melakukan konser di seluruh dunia selama hampir 20 tahun, dan percaya atau tidak, kami tidak pernah menghadapi keterbelakangan kuno seperti ini," kata pimpinannya, Erik Danilsson dikutip AFP.

Dilansir BBC, Pertunjukan langsung yang dilakukan Watain sebelumnya berisi ritual setan dan pelemparan darah babi ke penonton. Watain dipandang oleh Infocomm Media Development Authority Singapura, "mendukung pandangan anti-Kristen dan setan lewat lagu-lagu mereka serta mengusung kekerasan".

Sebuah petisi di internet yang menentang konser itu telah ditandatangani 15.000 orang.

Petisi di situs internet change.org mendesak pemerintah melarang Watain karena mereka "tidak mewakili budaya yang kita inginkan untuk generasi muda kita. Pesan tersirat lagu-lagu mereka di antaranya mengenai kematian dan bunuh diri".

Singapura memiliki hukum yang keras terkait dengan kritik terhadap agama.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews