Yong Tahu, Kuliner Terkenal di Tanjungpinang Warisan Tiongkok

Yong Tahu, Kuliner Terkenal di Tanjungpinang Warisan Tiongkok

Foto: Afriadi

Tanjungpinang - Cing Niong, pria Tanjungpinang berusia 62 tahun ini menghabiskan separuh hidupnya berjualan makanan warisan keluarga.

Bukannya tidak ada peluang usaha makanan lain, tapi makanan yang sejak tahun 1960-an itu sudah melekat pada tradisi keluarganya. Yong Tahu menjadi usaha turun temurun.

Makanan Yong Tahu memiliki keunikan dan rasa tersendiri. Pada umumnya makanan tahu dibubuhi sayuran, tapi Yong Tahu ini dicampur dengan bahan lain seperti cabai, tahu, pare, okra, kulit tahu yang dicampur dengan adonan ikan.

Menurut Cing Niong, makanan Yong Tahu ini merupakan warisan dari neneknya. Kemudian dilanjutkan oleh orang tuanya hingga menurun ke cucunya.

 

 

"Dulu nenek jual lah, sekitar tahun 1960," kata Cingniong penjual makanan Yong Tahu saat ditemui Batamnews.co.id di Jalan Temiang didaerah Pasar Tanjungpinang, Selasa (26/2/2019).

Menurut cerita orang tuanya, kondisi bangunan daerah pasar Kota Tanjungpinang tak seperti saat ini. Dulu, semua bangunan di daerah pasar itu terbuat dari papan kayu. Pada masa itu neneknya berjual Yong Tahu di kaki lima.

"Dulu tak ada ruko, papan semua, nenek berjual di kaki lima di daerah jalan Temiang ini dan bapak saya juga disini," ujarnya.

Ia menuturkan, makanan Tahu Yong itu dulunya makanan orang Hakka di Cina. Tapi ia lupa asal muasal makanan itu sampai ke Tanjungpinang. "Kalau dulu cuman bapak aja yang jualan," ujarnya.

Ia menyebutkan, kini usaha makanan Tahu Yong warisan keluarganya itu sudah ada enam cabang di Tanjungpinang dan Batam.

"Kalau satu hari dapat lah 300 mangkok. Kalau satu mangkok itu harganya Rp 25 ribu," sebutnya.

 

Cing Niong melayani pembeli

Makanan Yong Tahu akhirnya memikat sebagian masyarakat. Jika anda berkunjung ke sana, jangan kaget dengan antrean pembeli. Makanan ini juga halal dan sehat.

Tahu Yong ini cocok menjadi sarapan pagi. Para pembeli bisa memilih makanan tahu kering ataupun dengan kuah. Kuah bening yang juga digunakan untuk memasak bahan Tahu Yong, aromanya terasa khas dan menggugah selera.

Bagi anda pencinta kuliner, belum sah rasanya belum cicipi makanan satu ini di Tanjungpinang. Perpaduan tahu dengan adonan ikan tenggiri itu dikukus atau direbus secara perlahan sehingga menambah sentuhan gurih yang enak di lidah.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews