Supermoon Terbesar Tak Bisa Dinikmati di Kepri

Supermoon Terbesar Tak Bisa Dinikmati di Kepri

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Fenomena supermoon terbesar yang bakal berlangsung Selasa (19/2/2019) malam ini ternyata tak bisa dinikmati di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Peristiwa alam yang indah ini hanya bisa dilihat masyarakat bagian timur Indonesia.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang Diana Cahaya Siregar mengungkapkan supermoon adalah fenomena alam saat bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan bumi dan selalu terjadi pada saat bulan sedang dalam fase purnama.

Karena jarak antara bumi dan bulan yang lebih dekat, maka bulan akan terlihat lebih besar daripada biasanya sehingga bisa diamati dengan lebih jelas lagi.

Baca: Jangan Lewatkan Supermoon Terbesar di Tanggal 19 Februari 2019

Pastinya, masyarakat tak sabar untuk melihat sangat jelas saat bulan menyinari bumi. Namun fenomena yang sering  disebut Super Snow Moon ini hanya bisa dilihat masyarakat bagian timur.

"Untuk Indonesia bagian barat, seperti Kepulauan Riau dan sekitarnya tak bisa lihat lah. Fenomena ini hanya melintasi Indonesia bagian timur," kata Diana.

Diana melanjutkan, fenomena Super Snow Moon ini juga menimbulkan dampak bagi daerah tak dilintasinya. Tapi dampak itu tak berbahaya hanya air laut mengalami pasang.

"Hanya air laut mengalami pasang, tapi begitu tinggi lah," sebutnya.

Baca: Besok Supermoon Terbesar, BMKG: Cuaca Kepri Aman Terkendali

Seperti diketahui, fenomena Super Snow Moon sudah dua kali terjadi di tempat pada 21 Januari beberapa waktu lalu dan nanti malam.

(adi)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews