Batam akan Menggelar Kongres Bahasa Melayu Internasional 14-15 Juni 2015

Batam akan Menggelar Kongres Bahasa Melayu Internasional 14-15 Juni 2015

Walikota Batam Ahmad Dahlan. (foto: iskandar)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Batam akan menggelar Kongres Bahasa Melayu Internasional pada tanggal 14 hingga 15 Juni 2015. Dalam kongres tersebut akan dibahas tatanan Bahasa Melayu yang baik menurut kaidah.

Selain itu, juga membahas bahasa prokem atau bahasa gaul dan bagaimana berbahasa yang baik.

"Dalam kongres nanti akan membahas bagaimana mengembalikan tatanan Bahasa Melayu yang benar menurut kaidah," ujar Dahlan saat jumpa pers di Hotel Melia Panorama, beberapa hari lalu.

Dahlan mengatakan, Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu. Karena perkembangan waktu dengan munculnya bahasa prokem, merusak tatanan bahasa Melayu," katanya.

Menurut Ahmad, Bahasa Melayu tidak hanya digunakan di Indonesia, tetapi juga digunakan di berbagai negara, terutama Asia Tenggara. Namun, bahasa Melayu terbesar digunakan di Tanah Air sebagai bahasa nasional.

Terkait pembahasan bahasa prokem, Dahlan menjelaskan, merupakan tatanan bahasa yang berkembang dalam bahasa Indonesia yang tidak mengacu kaidah bahasa. Ini dikarenakan akulturasi bahasa yang beragam dari kenanekaragaman bahasa daerah maupun asing.

Dahlan menambahkan, Kongres Bahasa Melayu nanti akan diikuti peserta dari berbagai negara, diantaranya Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Laos, dan Brunei Darussalam.

Dalam kongres Bahasa Melayu nanti akan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Dan dihadiri para ahli bahasa dari negara peserta, tutup Dahlan

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews