Penjual Sate Berbahan Babi di Padang Digerebek

Penjual Sate Berbahan Babi di Padang Digerebek

Tim gabungan menggeledah kios sate yang diduga berbahan daging babi di kawasan Simpang Haru Padang, Selasa 29 Januari 2019 (foto: istimewa)

Padang - Tim gabungan dari Dinas Kesehatan Kota Padang, Dinas Perdagangan, BPOM, dan Satpol PP Padang, menggeledah kios sate KMS berbahan daging babi di kawasan Simpang Haru Padang, sekitar pukul 19.00 WIB, Selasa (29/1).
Menurut Kabid Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Padang, Novita Latima, penggeledahan ini dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat terkait penjualan sate yang menggunakan bahan dasar babi. 

"Berawal dari laporan masyarakat, kemudian kita beli sampel ke pedagang sate ini. Sampel kita kirim pada Oktober 2018 ke Balai BPOM Padang, selanjutnya merujuk ke Balai BPOM Aceh dengan alat yang lebih canggih," kata Novita, Selasa (29/1).

Novita mengatakan, hasil pemeriksaan terbukti daging sate KMS positif B2 atau mengandung daging babi. Menurut dia, hal ini berdampak bagi umat Islam yang dilarang konsumsi daging, lantaran pedagang tidak mencantumkan yang dijual tersebut daging babi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, mengatakan saat digeledah, pedagang sate sempat membuang tumpukan tusukan sate ke dalam got. "Jika tak bersalah, kenapa daging dilempar ke dalam got saat kami datang," ujarnya. 

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews