Ikan Dingkis Bisa Rp 500 Ribu Per Kilo Saat Imlek

Ikan Dingkis Bisa Rp 500 Ribu Per Kilo Saat Imlek

Penjual ikan dingkis di Pasar Jodoh Batam, Kamis (24/1/2019). (Foto: Johannes Saragih/Batamnews)

Batam - Mendekati Imlek, keberadaan ikan dingkis mulai memenuhi lapak pasar ikan. Keberadaan ikan ini, spesial bagi warga Tionghoa sebagai menu wajib yang selalu dihidangkan di meja ketika menyambut pergantian tahun. 

Ikan dingkis sangat sulit didapat karena biasanya muncul ketika gelombang tinggi. Ikan ini dipercayai mampu membawa rezeki dan keberuntungan. Harga ikan dingkispun bervariasi, tinggi rendahnya harga dilihat dari telur yang terkandung dalam ikan tersebut.

Namun saat ini harga ikan dingkispun belum terlalu mahal. Padahal gelombang laut sedang tinggi dan harga untuk ikan lainnya melonjak drastis. Contohnya ikan tongkol sempat mencapai Rp 40 ribu perkilo.

"Saat ini harga ikan dingkis masih dikisaran Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu," kata Rizal salah seorang pedagang ikan di Pasar Jodoh, Kamis (24/1/2019).

Rizal mengatakan harga tersebut tidak akan berlangsung lama karena kian hari ikan spesial ini semakin mahal.  "Makin mendekati Imlek harganya makin mahal, bisa-bisa sampai Rp 500 ribu sekilo," ujarnya. 

Namun tingginya harga tersebut tidak serta merta berlaku untuk semua ukuran ikan dingkis. Ikan dingkis yang memiliki harga tinggi tentu ikan yang memiliki kualitas terbaik. 

Kehadiran ikan dingkis di pasaran, ternyata tak hanya diminati warga tionghoa saja. Siti salah satu pembeli mengaku langsung tertarik ketika melihat ikan tersebut karena lauk favorit anak-anaknya. 

"Ya waktu lihat langsung tertarik aja buat beli, walaupun harganya agak mahal tetep dibeli sih kalau udah kesukaan anak-anak," katanya. 

(das)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews