KPU Kepri Targetkan Partisipasi Pemilih 77,5 Persen

KPU Kepri Targetkan Partisipasi Pemilih 77,5 Persen

Anggota KPU Kepri Widiyono Agung Sulistiyo. (Foto: Yogi/Batamnews)

Tanjungpinang -  Kepri termasuk salah satu daerah dengan partisipasi pemilih terendah di Indonesia. Pada Pemilu 2019 ini, KPU Kepri menargetkan partisipasi pemilih bisa mencapai 77,5 persen 

Anggota KPU Kepri Widiyono Agung Sulistiyo mengatakan pihaknya akan bekerja keras bagaimana menarik minat warga untuk memilih. Dikatakan Agung, beberapa upaya akan dilakukan untuk mencapai target tersebut. 

"Itu perlu kerja keras apalagi selama ini Kepri termasuk yang rendah, hanya di bawah 50 persen. Tentu kedepan dengan sosialisasi gencar akan kita laksanakan," ujar dia, Rabu (23/1/2019).

Ia melanjutkan, sosialisasi dilakukan dengan beberapa cara seperti memasang iklan, sosialisasi kepada LSM, mahasiswa dan melaksanakan beberapa event. "Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan lomba mural tentang pemilu, itu bagian dari sosialisasi," kata Agung. 

Jumlah pemilih di Kepri mencapai angka 1.229.424 jiwa diantaranya 619.882 laki-laki dan 609.542 perempuan.  Sedangkan untuk jumlah TPS di Kepri 5457 TPS. Dari data rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan kedua. 

Selain itu dalam penyelengaraan pemilu beberapa tahun belakangan 2006, 2011, dan 2015 partisipasi masyarakat Kepri ternyata berada di posisi terendah se-Indonesia. Tingkat partisipasi pemilih di Kepri hanya 48,5 persen. 

Sedangkan sebagai kota pemilih terbanyak di Kepri, Batam termasuk tingkat partisipasi terendah kedua di Indonesia. Dibandingkan dengan kota lainnya. 

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews