BMKG Prediksi Lingga Berpotensi Hujan Lokal Tiga Hari Kedepan

BMKG Prediksi Lingga Berpotensi Hujan Lokal Tiga Hari Kedepan

Ilustrasi

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, Kabupaten Lingga memprediksi, berdasarkan hasil pantauan keadaan fenomena di atmosfer, Lingga akan terjadi hujan lokal tiga hari kedepan.

Hal itu terjadi karena adanya daerah belokan angin di wilayah Kepulauan Riau yang menyebabkan terjadinya perlambatan massa udara yang cukup mendukung untuk pertumbuhan awan-awan berdampak juga di Kepulauan Lingga.

"Secara umum kondisi cuaca tiga hari kedepan diprakirakan cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan lokal, dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Kepala BMKG Dabo, Sahat Mauli Pasaribu ketika dihubungi Batamnews.co.id, Senin (14/1/2019).

Lanjut dia, untuk angin di daratan Kepulauan Lingga, umumnya dari Barat Laut hingga Utara dengan kecepatan 5 hingga 36 km/jam. Sedangkan angin di Perairan Kepulauan Lingga, umumnya dari Utara hingga Timur dengan kecepatan 2 hingga 32 km/jam.

"Kalau untuk tinggi gelombang, itu 0,2 hingga 1,0 meter. Artinya, tidak terus menerus kondisi gelombang tinggi mencapai 1 meter," ucapnya.

Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi laut darat dan udara. Namun, ia tetap mengimbau agar transportasi laut dan aktivitas kelautan selalu waspada terhadap angin kencang dan gelombang tinggi.

"Bagi perahu motor nelayan tingkat level resiko tinggi adalah angin dengan kecepatan rata-rata di atas 27 km/jam dengan gelombang tinggi rata-rata di atas 1,25 meter. Kemudian kapal feri, resiko tinggi angin dengan kecepatan rata-rata di atas 30 km/jam, gelombang tinggi rata-rata di atas 1,5 meter," kata Sahat.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews