https://www.batamnews.co.id

Pemprov Kepri Kebut Proyek Infrastruktur di Pulau-pulau

Sekdaprov Kepri, Arif Fadillah. (Foto: Yogi/Batamnews)

Tanjungpinang - Pemprov Kepri tak ingin luput pembangunan infrastruktur di pulau-pulau tahun ini. Sekdaprov, Arif Fadillah mengungkapkan hal itu jadi prioritas.

Program tidak hanya tertuju kepada pembangunan fisik, namun juga non fisik seperti sumber daya manusia yang berkualitas. "Tahun 2019 kita juga mendukung pertumbuhan ekonomi terutama melalui sektor pariwisata," katanya.

Terkait pembangunan infrastruktur, salah satu pelabuhan yang akan dibenahi adalah dermaga Kampung penagi di Kabupaten Natuna. Pelabuhan yang menjadi embrio perkembangan Kabupaten Natuna itu kian rusak dan tak digunakan lagi.

Selain sisi sejarah, sepertinya Pemprov Kepri masih melihat fungsi pelabuhan ini untuk masyarakat di Kota Ranai, selain di pelabuhan baru Penagi tentunya yang berada di sampingnya yang lebih modern, pelabuhan lama Penagi punya arti penting.

"Kami sedang gencar pembangunan pelabuhan di beberapa pulau seperti di Kampung Penagi, Natuna," kata Arif usai menjadi inspektur upacara rutin di lapangan kantor Gubernur Kepri, Senin (14/1/2019).

Ia juga mengatakan, beberapa pembangunan yang sedang berlangsung diantaranya stadion di Dompak, pembangunan taman gurindam, beberapa pelabuhan dan lainnya.

"Tahun ini program cukup banyak, salah satunya program pembangunan yang akan dilanjutkan," terangnya.

Arif mengatakan saat ini seluruh pejabat provinsi sedang menata jadwal untuk melancarkan program-program dan pembangunan tersebut. "Kami harapkan teman-teman (pegawai pemprov) segera menyusun tahap kegiatan tersebut, untuk semua pejabat," katanya.

Kepri menurutnya daerah kepualauan dengan banyak jalan yang harus dibangun, sekolah hingga pelabuhan. "Dan itu memang perlu dana besar, tetapi dengan kondisi dana saat ini perlahan Kepri terus kita bangun," ujarnya dengan optimis.

(tan)