BMKG Prediksi Hujan dan Gelombang Laut Tinggi Bakal Landa Karimun

BMKG Prediksi Hujan dan Gelombang Laut Tinggi Bakal Landa Karimun

Ilustrasi

Karimun - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun memprediksi akan terjadinya hujan lokal di beberapa wilayah serta gelombang laut tinggi di Bumi Berazam.

Hal tersebut terjadi akibat belokan angin di Kepulauan Riau, yang menyebabkan perlambatan masa udara. Hal ini menimbulkan pertumbuhan awan-awan sehingga terjadi hujan.

"Perlambatan masa udara cukup mendukung untuk pertumbuhan awan. Secara umum diperkirakan cuaca akan berawan dan berpotensi terjadinya hujan lokal," ujar Kepala BMKG Karimun, Raden Eko kepada Batamnews.co.id, Selasa (1/1/2019).

Hujan lokal diprediksi turun dengan intensitas ringan hingga sedang. Namun hujan dapat disertai dengan petir dan angin kencang.

"Hujan bisa saja disertai dengan angin kecang dan petir. Tapi kondisi ini masih kondusif untuk transportasi darat maupun udara," ujar Eko.

Namun, pihaknya mengimbau untuk transportasi laut dapat berhati-hati. Kerena kecepatan angin menyebabkan tingginya gelombang di beberapa wilayah perairan, seperti Natuna, Anambas, Bintan, Lingga, dan Karimun.

"Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar berhati-hati. Angin kencang menyebabkan tingginya gelombang serta kuatnya arus laut di wilayah perairan Kepulauan Riau," katanya.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews