JKLT Tak Berfungsi, 16.454 Warga Lingga Terintegrasi ke JKN

JKLT Tak Berfungsi, 16.454 Warga Lingga Terintegrasi ke JKN

Ilustrasi

Lingga - Program Jaminan Kesehatan Lingga Terbilang (JKLT) yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga akan berakhir hari ini, Senin (31/12/2018). Namun, langsung diintegrasikan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal tersebut sesuai dengan amanat UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, bahwa di Indonesia hanya diperkenankan satu sistem jaminan sosial yakni JKN. Namun, perubahan tersebut perlu direspon cepat dengan pembagian kewenangan Dinsos-P3A Lingga.

"Dinsos-P3A sebagai leading sector penentuan kategori peserta calon penerima manfaat JKN yang pembiayaannya dibiayai oleh APBD Lingga. Sementara Dinas Kesehatan mengalokasikan anggaran dan konsep program JKN plus," kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan dan SDK di DKPPKB Lingga, drg Siti Nafiah kepada Batamnews.co.id, Senin (31/12/2018).

Ia menjelaskan, data yang dihimpun oleh Dinsos-P3A Lingga per tanggal 19 Desember 2018 ada sejumlah 19.045 jiwa diserahkan oleh DKPPKB untuk diteruskan ke BPJS KLOK Lingga agar dipairing sehingga tidak terdapat double kartu. Dari hasil pairing, per Januari 2019 yang mendapat perlindungan JKN bersumber dari APBD Lingga baru sekitar 16.454 jiwa.

"Capaian ini masih dibawah target yang awalnya diperkirakan mencapai 35.000 jiwa. Itu dikarenakan dari total desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Lingga baru 14,19 persen yang menyampaikan data lengkap dan telah divalidasi. Kemudian, 27,37 persen data tidak lengkap," ujarnya.

Data yang tidak lengkap, kata Nafiah diklasifikasikan yakni, kurangnya nomor KK dan NIK. Tidak ada data tanggal lahir serta bukan dalam bentuk format excel. "Kemudian ada sejumlah 32,44 persen desa yang sama sekali belum menyerahkan data," katanya.

Dengan demikian, ia mengimbau agar desa/kelurahan yang belum menyampaikan data, agar memperbaikinya dan segera menyerahkan data penduduk tersebut untuk segera diproses agar penduduk Kabupaten Lingga menerima manfaat dari program JKN tersebut.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews