BP Batam Gandeng PT Bintang 99 Bangun Pelabuhan

BP Batam Gandeng PT Bintang 99 Bangun Pelabuhan

Penandatanganan kerjasama BP Batam dan PT Bintang 99 Persada (Foto: Istimewa)

Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan kerjasama operasi pelabuhan dengan PT Bintang 99 Persada. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing pelabuhan Batam terhadap transhipment perdagangan internasional.

Penandatanganan Kerjasama Operasi pelabuhan ini dilakukan pada Kamis (27/12/2018) lalu di Ruang Rapat Planet Holiday Hotel Batam.

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, kerjasama ini merupakan yang pertama dilakukan di Kota Batam. Untuk skemanya, PT Bintang 99 Persada akan membangun pelabuhan, kemudian asetnya diserahkan ke BP Batam.

“Dan nantinya akan dioperasikan oleh PT Bintang 99 Persada dalam masa 30 tahun dan bisa diperpanjang apabila masa waktunya telah selesai,” ujar Lukita.

Ia menambahkan, kerja sama ini sebenarnya sudah digagas dari awal tahun lalu. Untuk itu Lukita mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung pelaksanaan perjanjian kerjasama ini untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di Batam.

“Karena pada hakikatnya, dalam pelaksanaan kerjasama operasi ini, BP Batam tidak dapat bekerja sendiri. Peran dan kerjasama instansi dan stakeholder serta masyarakat sangat diperlukan,” kata dia.

Sementara itu, Direktur PT Bintang 99 Persada, Yuwanky mengatakan, pihaknya akan bekerja keras secara profesional sehingga mampu meningkatkan pendapatan daerah dan negara.

“Poin utama dari kerjasama operasi ini adalah pemisahan fungsi pelabuhan kargo dan kontainer,” ujar Yuwanky.

Selain itu, penandatanganan kerjasama operasi ini dilaksanakan untuk mewujudkan program pemerintah pusat yang mendukung dunia maritim dan terciptanya tol laut di Indonesia.

Ia menjelaskan, pembangunan pelabuhan tersebut sudah berjalan 6 tahun, sehingga pihaknya mencari momen tepat untuk melaksanakn kerjasama ini sebagai sebuah solusi.

“Karena pelabuhan yang ada, tidak boleh dicampur antara kargo dan kontainer. Nah, melihat permasalahan yang ada, BP Batam berinisiatif untuk melakukan pemisahan tersebut yang diwujudkan melalui kerjasama operasi ini,” jelas Yuwanky.

Kegiatan juga dihadiri Kepala KSOP Khusus Batam, Capt. Barlet Silalahi dan Kepala Kantor Pelayanan Umum Bea Cukai Batam, Susila Brata.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews