Operator Kapal Uban-Punggur Tambah Trip di Momen Libur Akhir Tahun

Operator Kapal Uban-Punggur Tambah Trip di Momen Libur Akhir Tahun

Pelabuhan Telaga Punggur. (Foto: Batamnews)

Bintan - Liburan Natal, Penumpang kapal cepat dari Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban tujuan Pelabuhan Telaga Punggur mengalami peningkatan.

Antisipasi membludaknya penumpang, pihak operator kapal cepat menambah trip pelayaran. Biasanya kapal melayani 23-25 trip dalam sehari namun untuk sekarang menjadi 29-35 trip.

Selain penambahan trip, jalur kapal cepat Tanjunguban-Telaga Punggur tersebut dialihkan ke jalur dalam yaitu melintasi Pulau Ngenang, Batam. Pengalihan jalur terpaksa dilakukan mengingat kondisi gelombang yang cukup tinggi.

Kepala Pos Pelabuhan Bulang Linggi UPP Tanjunguban, Rahmat mengatakan lonjakan penumpang di Pelabuhan Bulang Linggi sudah terjadi sejak H-3 Natal. Namun masih mampu ditangani dengan trip yang normal yaitu 23-25 kali dari pukul 07.00-18.00.

"Tapi saat H-1, jumlah penumpang membludak. Jadi kita terapkan sistem cepat berangkat pada sore hari, awalnya berangkat setiap 30 menit sekali menjadi 10 menit sekali. Bahkan pelayanan keberangkatan juga bertambah menjadi 29-35 trip," ujarnya, kemarin.

Bedasarkan cacatan keberangkatan, pada H-3 kapal cepat melayani sebanyak 1.195 orang pulang dan pergi (pp). Yaitu berangkat sebanyak 633 orang dan datang 562 orang.

Kemudian, H-2 sebanyak 1.379 orang terdiri dari 696 orang berangkat dan 683 orang datang. Lalu, H-1 sebanyak 1.283 orang yang terdiri dari pelayanan keberangkatan sebanyak 579 orang dan kedatangan sebanyak 704 orang.

Khusus hari ini jumlah penumpang tidak terjadi lonjakan seperti hari sebelumnya. Tetapi saat pagi terjadi kepadatan penumpang.

"Kami tetap utamakan kelancaran, keselamatan dan kenyamanan penumpang," jelasnya.

Jika angin dan gelumbang tinggi, kata Rahmat, pelayaran harus melintasi jalur dalam yaitu melewati Pulau Ngenang. Namun jika kondisi cuaca bagus maka jalur pelayaran dilaksanakan seperti biasa.

“Kami selalu waspada karena beberapa hari ini kondisi angin dan gelombang berubah ubah," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews