Ini Saran Menteri Pariwisata Arif Yahya untuk Tarik Wisatawan ke Kepri

Ini Saran Menteri Pariwisata Arif Yahya untuk Tarik Wisatawan ke Kepri

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Menteri Pariwisata Arif Yahya membuka Festival Reyog Tanjungpinang Kepri 2015 di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Sabtu (23/5/2015) malam.

Menteri Arif Yahya mengatakan, industri kebudayaan (culture industries) saat ini menjadi salah satu prioritas yang akan dikembangkan pemerintah dalam meningkatkan industri pariwisata di tanah air khususnya di Kepri. "Industri kebudayaan menyumbang 60 persen untuk industri pariwisata Indonesia, kedua keindahan alam 35 persen dan 5 persen dari pariwisata buatan," katanya

Ia menyambung, meskipun Kepri berada di posisi 3 besar setelah Bali dan DKI Jakarta sebagai penyumbang angka wisatawan mancanegara namun industri kebudayaan di Kepri masih relatif kecil kontribusinya dalam menarik wisatawan mancanegara.

"Dalam catatan saya wisatawan mancanegara datang ke Kepulauan Riau karena 50 persen alamnya, 30 persen wisata buatannya dan budaya hanya 20 persen, jadi industri budaya masih relatif kecil oleh karena itu harus ditingkatkan lagi iven-iven seperti ini," ucapnya

Ia menyebutkan, Kementerian Pariwisata telah menganggarkan dana sebesar Rp 100 miliar untuk promosi pariwisata di Provinsi Kepri.

"Di sini makanannya enak-enak saya sarankan untuk dibuka pusat-pusat kuliner," kata Arif Yahya.

(hen)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews